Tahun Baru Hijriah, Wawali Ajak Umat Tingkatkan Ukhuwah

0
162

Blitar, BeritaTKP.Com – Ribuan umat Islam berkumpul dan berdoa bersama di masjid Agung Kota Blitar untuk melaksanakan doa akhir tahun dan doa awal tahun hijriah, Senin (10/9). Dengan pakaian mayoritas putih-putih seluruh jamaah berdoa bersama yang dipimpin KH.Ibnu Mundzir. Selain santri dan pelajar, hadir dan turut khusyu’ berdoa dalam kegiatan itu, Wakil Wali Kota Blitar, Santoso dan jajaran forum koordinasi pimpinan daerah. Tampak pula jajaran kepala organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Blitar.

” Atas nama pribadi dan pemerintah kota blitar kami mengucapkan selamat tahun baru 1440 hijriah. semoga di tahun baru ini kita termasuk orang – orang yang beruntung, yakni orang yang hari ini lebih baik amalnya daripada hari kemarin, mudah-mudahan amal kita di tahun ini dan di tahun – tahun mendatang lebih baik daripada tahun – tahun sebelumnya. kita semua semoga dapat menjadi pribadi – pribadi yang lebih bertaqwa dan mari kita doakan kota blitar yang kita cintai ini senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah, masyarakatnya dapat lebih sejahtera lahir dan batin, serta kita terbebas dari segala macam bencana”, jelas Wakil Wali Kota Blitar.

Wawali menambahkan peringatan tahun baru hijriah selalu memiliki nuansa yang khusus. termasuk kegiatan pada hari ini juga sarat dengan nuansa keagamaan. Membaca doa akhir tahun dan awal tahun bersama, dzikir bersama, membaca surat yasiin bersama dan mengambil hikmah dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW sehingga bisa berhijrah menjadi pribadi – pribadi yang lebih baik dan semakin mendekatkan diri kepada Alloh swt.

Dijelaskan dia, peringatan tahun baru hijriah ini mari kita jadikan momentum untuk introspeksi, muhasabah, mengoreksi diri kita sendiri yang muaranya dapat menjadi bahan proyeksi menata kehidupan kita di waktu – waktu yang akan datang. mari kita jadikan pula momentum tahun baru hijriah ini sebagai sarana memperkuat ukhuwah (persatuan) dan silaturahim. baik di antara pemerintah kota blitar, kemenag, unsur forpimda, takmir masjid agung, ormas islam, dan seluruh Umat Islam di Kota Blitar. di tahun politik seperti ini, saya menitipkan pesan agar ukhuwah islamiah (persatuan di antara umat islam) dan ukhuwah wathoniah (persatuan di antara sesama warga bangsa) dapat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan.

Pemerintah Kota Blitar menurut Wawali juga akan terus berupaya konsisten melaksanakan program – program untuk mewujudkan masyarakat yang nasionalis – religius. program – program keagamaan akan diteruskan, dikembangkan, dan terus akan dievaluasi agar pelaksanaannya semakin baik dan semakin bermanfaat. ”Kami mohon dukungan dan doa restu dari masyarakat Kota Blitar, utamanya umat islam yang jumlahnya mayoritas ini agar mendukung program – program yang meningkatkan kesejahteraan umat”, jelas wawali. Setelah selesai kegiatan, Pemerintah Kota Blitar menyediakan makanan gratis kepada para peserta. Selama acara, panitia bekerjasama dengan takmir masjid agung sehingga acara dapat berlangsung dengan lancar dan khidmat. (hms/fm)