Polisi Terus Selidiki Kasus Pembakaran Bendera HTI

Jakarta Berita TKP -Com Wakapolri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto mengatakan, polisi meneliti ada-tidaknya unsur pidana dalam kasus pembakaran bendera HTI dengan tulisan kalimat tauhid di Garut, Jawa Barat.

“Pada dasarnya ada satu peristiwa, peristiwa itu kan pembakaran suatu barang. Jadi ini sekarang sedang ditindaklanjuti dan minta keterangan kalau itu masuk perbuatan pidana atau tidak. Kalau suatu perbuatan pidana itu dalam aturan pidana itu kan ada unsur-unsur yang nggak bisa ditinggalkan,” papar Komjen Pol Ari Dono di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (24/10/2018)

Wakapolri menjelaskan unsur terkait pidana yang ditelusuri yakni sengaja-tidaknya pelaku  pembakaran bendera dan ada-tidaknya niat pelaku membakar bendera.

“Unsur kesengajaan, atau perbuatan actus reus-nya ada nggak. Ada actus reus-nya ada, perbuatan membakar sesuatu. Baru kita lihat tanya sama dia mens rea-nya, niatnya apa sih dia. Nah itu yang masih didalami dari peristiwa ini, tentunya kita nggak berangkat sendiri,” ungkap Wakapolri.

Wakapolri menambahkan, “Kita lihat nanti, saksi ahli kita mintai keterangan juga.(Red)