Ratusan Warga Desa Ngronggot Terima Sertifikat Tanah Program PTSL

Nganjuk Berita TKP-Com, Ratusan warga Desa Ngronggot terima sertifikat tanah dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2018. Untuk pembagian sertifikat tahap awal ini bertempat di balai Desa Ngronggot Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk yang dilakukan oleh Tim Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Nganjuk bersama Kepala Desa dan Panitia Program PTSL Desa Jumat, 18/01/2019.

Kades Ngronggot M. Kholid Zainal Abidin menjelaskan di Desa Ngronggot ini ada sekitar 2100 bidang tanah yang diajukan program PTSL Tahun 2018. Namun untuk tahap pembagian pertama ini sekitar 692 bidang tanah yang sudah terselesaikan. Sementara sisanya yang belum selesai akan segera diberikan dalam waktu dekat. “Dari beberapa proses tahapan memang ada sebagian yang belum lengkap saat itu dan semua sudah terselesaikan tinggal tunggu proses saja” tegasnya.

Selaku perwakilan Tim dari BPN Bapak Agus menjelaskan bahwa ada beberapa bidang tanah dari 2100 pengajuan belum kami selesaikan karena pada saat itu ada kelengkapan data data yang kurang detail seperti KK, KTP, keterangan status tanah, hibah, waris atau jual beli. Namun untuk kelengkapan data data tersebut sudah lengkap dan akan segera terselesaikan dalam waktu dekat. “Harapan kami warga Desa Ngronggot sini bersabar dan mengerti karena tujuan semua ini agar sertifikat yang dibuat tidak bermasalah dengan hukum di kemudian hari” terangnya.

Pada saat wartawan Berita TKP menemui warga penerima sertifikat tanah Suharyono menjelaskan “Ini memang yang saya tunggu dan harapkan karena sertifikat ini bisa saya jadikan sarana untuk menambah modal usaha keluarga. Selain itu hak atas tanah saya sudah sah tercatat dan diakui secara hukum yang berlaku”.

Lain halnya dari keterangan warga yang bernama Ibu Siti menjelaskan “Anak saya minta sepeda motor masih saya janjikan, kebetulan sertifikatnya sudah jadi ini mau digunakan untuk jaminan membeli sepeda motor lewat Bank BRI biar lebih ringan angsurannya” sambil ketawa. “Kami semua sangat mendukung program ini karena banyak memberikan kemudahan pada warga dan sangat membantu jika mereka mengurus sendiri tentu akan sangat keberatan, mulai dari biaya hingga prosesnya yang cukup lama” tegasnya. (Hary)

Download Apps BeritaTKP di Hp Anda