Bupati Sidoarjo Pimpin Musrenbang 2020

0
49
Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH.M.Hum

Sidoarjo Berita TKP-Com Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD TA 2020, Selasa (19/03) di Hall Suncity, Sidoarjo, Bupati H. Saiful Ilah SH.M.Hum sampaikan komitmen kerja kerasnya dalam pembangunan Sidoarjo. Terutama pada pembangunan RSUD Wilayah Barat di daerah Krian untuk segera direalisasikan di tahun 2019 ,setidaknya harus mulai Pondasi-pondasi, sehingga tahun 2020 dapat digunakan masyarakat Sidoarjo untuk berobat, agar tidak jauh-jauh ke RSUD Sidoarjo, Ucap Bupati Saiful Ilah.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Sidoarjo Sulamul Hadi Nurmawan, Assisten Pemerintah Kesra Provinsi Jawa Timur Suprianto dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), anggota Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) unsur Kepala Desa dan unsur Tokoh Masyarakat,serta mahasiswa.

Dengan mengambil tema Percepatan Pembangunan Ekonomi Melalui Akselerasi Sektor-sektor Potensial Daerah yang menjadi prioritas terhadap perencanaan pembangunan ekonomi sesuai dengan visi – misi Kabupaten Sidoarjo yaitu peningkatan potensi ekonomi daerah menuju Sidoarjo Inovatif, Sejahtera, Mandiri dan Berkelanjutan

Bupati Saiful ilah dalam sambutannya menyampaikan bahwa Musrenbang tahun 2020 pada pembangunan ekonomi bertumpu terhadap peningkatan sektor-sektor Potensi Daerah, diharapkan bermanfaat untuk di implementasikan pada program / kegiatan APBD tahun 2020 dan berkontribusi positif terhadap peningkatan perekonomian daerah di Kabupaten Sidoarjo.

Apresiasi diberikan kepada Pimpinan dan anggota DPRD Sidoarjo dalam berkomitmen untuk mewujudkan visi misi Kabupaten Sidoarjo dalam RPJMD Tahun 2016-2021, yang disepakati melalui RKPD Tahun 2020 dalam mewujudkan visi misi Kabupaten Sidoarjo yang Inovatif, Sejahtera, Mandiri dan Berkelanjutan.

Sementara Ketua DPRD Sidoarjo Sulamul Hadi Nurmawan yang juga hadir dalam acara tersebut memaparkan Pokok-Pokok Pikiran DPRD bersumber dari usulan aspirasi masyarakat Sidoarjo guna menyelaraskan RKPD Tahun 2020 Kabupaten Sidoarjo agar semua perencanaan pembangunan tidak lepas dari RPJMD yang sudah disepakati bersama. Sehingga tujuan pembangunan yang sesuai dangan visi dan misi Pemerintah Daerah bisa terwujud.

“Rencana pembangunan TA 2020 jangan sampai melenceng dari RPJMD yang sudah disepakati bersama,” ujarnya

Dalam kegiatan Musrenbang ini terungkap ada ribuan kegiatan , pada 3 Program yaitu Bidang Ekonomi, Bidang Pemerintahan dan Pemasyarakatan, Bidang pengembangan Wilayah Pemukiman dan pelaksanaan wilayah yang diusulkan, baik usulan bottom-up saat Musrenbang Tingkat Desa dan Kecamatan maupun usulan Top –down hasil renjang Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dari Hasil dari Musrenbang, terdapat 3 Program usulan tersebut telah di verifikasi usulan kegiatanya mencapai biaya sebesar 9 Triliun 293 Miliar, namun skala Prioritas diterapkan dalam perencanaan Pembangunan Daerah Tahun 2020 sesuai APBD Kabupaten Sidoarjo, Cetus Kepala Bappeda Sidoarjo, Ir. Agoes Boedi Tjahjono saat memberikan laporan awal dalam kegiatan tersebut.

Bupati Saiful Ilah, menghimbau bahwa segala masukan yang baik dan bermanfaat dalam musrenbang sebisanya dapat diakomodir dengan kekuatan anggaran yang ada serta upaya pembiayaan lainnya. Skala prioritas rancangan renja Perangkat Daerah tahun 2020 hasil forum Perangkat Daerah dengan mengacu pada rancangan RPJMD tahun 2016-2021. (Red)