Bermotif Dendam, Korban Dibakar Tetangganya

0
45

Mojokerto Berita TKP-Com Polres Mojokerto Kota menggelar rekontruksi pembunuhan dan pembakaran warga Trowulan di lapangan Patih Gajah Mada Polres Mojokerto Kota. Rekontruksi dilakukan untuk memperjelaskan perkara yang terjadi.

Korban diketahui bernama Eko Yuswanto (32) asal Dusun Temenggungan, RT 2 RW 5, Desa Kejagan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Pengusaha barang bekas itu di tewas dibunuh oleh Priyono (32) alias Yoyok tetangga Eko. Sementara satu pelaku lainnya yakni Dantok (35) alias Gundul asal Kenanten Gg. 2 Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto.

Kasat Reskrim Polres Mojokerto Kota, AKP Ade Warokka mengatakan, rekonstruksi akan diminta hakim dalam rangka persidangan. “Rekontruksi untuk memperjelas perkara yang terjadi. Kurang lebih ada 46 adegan,” ungkapnya, Selasa (25/6/2019).

Kasat menambahkan, ada kemungkinan adegan dalam rekontruksi bertambah. Rekontruksi yang digelar mulai tahap perencanaan serta tahapan lain terkait eksekusi pembunuhan disertai pembakaran. Sementara rekonstruksi eksekusi dan pembuangan mayat dilakukan di lokasi.

“Rekonstruksi dimulai curhat pelaku pertama ke pelaku kedua di bulan April di salah satu cafe yang ada di By Pass. Kemudian membeli arak satu botol yang dibuat bertiga dengan korban dan membeli bensin serta tong yang digunakan membakar,” tandasnya.

Rekonstruksi dilakukan dengan tujuan agar adegan ditampilkan sehingga Jaksa Penuntut Umum (JPU) saat melakukan penelitian dan membawa ke meja pengadilan lebih menyakini. Rekontruksi yakni lokasi lain yang ada kaitannya dengan Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Sebelumnya, sesosok mayat ditemukan terbakar di area persawahan jagung milik Tegas (50) di Dusun Manyar Sari, Desa Gunung Sari, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, Senin (13/5/2019) lalu. Kondisi mayat sudah tak dapat dikenali.

Identitas korban terungkap atas nama Eko Yuswanto (32) warga Dusun Temenggungan, Desa Kejagan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Kepastian tersebut diketahui dari hasil otopsi dari Tim Laboratorium Forensik (Labfor) RS Bhayangkara Polda Jatim.(red)