Ledakan Besar di Tempat Jual Beli Besi Tua

0
55

Probolinggo Berita TKP-Com Ledakan keras terjadi di lokasi penimbangan besi tua, di Kelurahan Jrebeng Wetan, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo, Rabu (10/7/2019) sekitar pukul 02:00 siang. Akibat peristiwa itu, Matnusi, (40) warga Desa Menyono, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Probolinggo, juga pekerja di tempat tersebut harus menjalani perawatan intensif karena luka berat di tungkai kaki kanan.

“Saya ndak tahu. Saat saya mengemas kardus-kardus bekas, tiba-tiba saja sesuatu saya injak dan meledak,” ujar Matnusi, di Rumah Sakit Dr. Mohammad Saleh, Kota Probolinggo. Sejatinya.

Matnusi menambahkan ledakan terjadi dua kali. Pertama tak seberapa besar, terjadi sekitar setengah jam sebelum ledakan kedua yang melukai kakinya.

“Ledakan pertama kecil seperti petasan biasa. Jaraknya hanya beberapa senti meter dari tempat saya mengemas kardus. Nah ledakan kedua di bawah kaki saya itu yang besar,” pungkasnya.

Sementara itu, Markasan, (35), pemilik usaha besi tua menyatakan, ledakan kedua juga menimbulkan kepulan asap hitam tebal. Berbeda dengan ledakan pertama yang hanya menimbulkan suara.

“Suaranya ledakan kedua ini yang keras mas. Menurut tetangga, suaranya terdengar hingga jarak sekitar 200 meter,” ujar Markasan sambil menunjukkan bekas ledakan di gudangnya. Kardus-kardus bekas yang dikemas pegawainya, tambah dia, juga baru datang hari ini. Diantaranya dibawa oleh Andik, pekerja lainnya. “Kardus dari Andik, ini dia bawa dari daerah pembuangan sampah ungup-ungup. Jadi bukan timbunan lama,” tutup Markasan.

Kapolsek Wonoasih, Polres Kota Probolinggo, Kompol Sukatno, menduga ledakan berasal dari bondet. Namun untuk memastikan, berdaya ledak lemah atau tinggi, masih dalam penyelidikan. “Kemungkinan bondet,” ujar Sukatno. Kami masih mintai keterangan sejumlah saksi. Berdaya ledak lemah atai tinggi masih kita selidiki.(red)