Hanya 9 Siswa Didik Baru Yang Mendapat Dana BOS di tulungagung

Tulungagung Berita-TKP.com SMP 2 Rejotangan Tulungagung akan terancam tidak memperoleh dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di tahun 2019, karena sekolah tersebut hanya mendapatkan 9 murid dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang pantas mendapat dana BOS setelah benar-benar dipilih dan memenuhi syarat.

Jumlah siswa baru ini tidak mencukupi syarat untuk mendapatkan dana BOS.

Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tulungagung, Hariyo Dewanto menjelaskan bahwa meskipun pihak sekolah terus membuka pendaftaran hingga Senin (15/7/2019) lalu, namun jumlah siswa baru hanya 9 orang.

Saat ini para siswa baru ini tengah mengikuti pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) sama halnya dengan sekolah lain.

“Kami sudah mendapat laporan terkait jumlah siswa baru di sekolah tersebut,” pungkasnya, Rabu (17/7/2019).

Sesuai dengan aturan, syarat untuk mendapatkan dana BOS minimal harus mendapatkan 20 siswa. Pihak dinas sendiri masih akan melaksanakan rapat untuk membahas hal tersebut. Mereka akan tetap mengusahakan sekolah itu tetap mendapatkan dana BOS, sesuai dengan jumlah siswa baru yang didapatkan.

“Kita masih akan melakukan koordinasi lagi yang jelas kami akan mengupayakan,” pungkasnya.

Saat disinggung mengenai masa depan sekolah tersebut, pihak dinas mewacanakan akan melakukan penggabungan. Namun wacana ini masih akan dimatangkan lagi mengingat mereka masih mempunyai siswa kelas VII dan VIII.

“Banyak faktor yang harus dipertimbangkan untuk melakukan merger atau penggabungan sekolah,” pungkasnya.(red)