Posko Bencana Disiagakan di Tangkuban Parahu, Usai Erupsi

Bandung Berita-TKP.Com Setelah erupsi kepolisian menyiagakan posko bencana di gerbang Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Parahu pada Jumat (26/7/2019).

Posko sudah berdiri dan sejumlah mobil ambulans sudah terparkir di sekitarnya, sementara itu petugas kepolisian dan petugas siaga bencana masih berpatroli di sekitar posko bencana tersebut.

“Tidak ada korban jiwa di tiga wilayah, hanya korban yang mengalami luka bagian mata. Itu juga karena abu erupsi,” ucapJoni.

Saat ini pihakmasih terus berkoordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) untuk mengantisipasi jika erupsi kembali terjadi,” ujar Joni.

Gunung Tangkuban Parahu yang terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mengalami erupsi pada Jumat (26/7/2019), pukul 15.48 WIB. Kolom abu teramati dengan ketinggian kurang lebih 200 meter di atas puncak.

Asap tebal warna kelabu tebal dan abu mengarah ke Timur – Utara – Selatan. Dengan durasi 5 menit 30 detik erupsi terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 38 mm.

PVMBG meminta agar masyarakat di sekitar gunung untuk tetap tenang dan tidak terpancing oleh isu-isu yang tidak benar, serta memantau peringatan maupun informasi dari pemerintah daerah atau Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.(red)