Karhutla Bukit Pandanan Lombok Akhirnya Padam, Setelah 13 Jam Terbakar

Dompu Berita-TKP.Com Kebakaran lahan yang terjadi di Bukit Pandanan Lombok Utara, NTB, berhasil dipadamkan oleh petugas. Api membakar lokasi selama 13 jam.

Api yang mulanya muncul di lahan semak belukar Minggu (18/8/2019) sekitar pukul 15.00 Wita, sempat membuat petugas kewalahan. Pasalnya api sempat berhasil dipadamkan satu jam kemudian, namun api muncul lagi pada titik yang berbeda hingga akhirnya berhasil dipadamkan pada pukul 1 dini hari tadi.

Minggu (18/8/2019) pukul 15.00 di Dusun Nipah Lombok Utara telah terjadi kebakaran lahan yang berhasil dipadamkan oleh Satgas Karhutla Polda NTB sekitar pukul 01.00 Wita.

“Lokasi kebakaran merupakan lahan semak belukar terjadi di Dusun Nipah tidak jauh beda dengan lokasi kebakaran pada hari Kamis lalu dimana kondisi masih musim kemarau, angin yang kencang dan terdapat banyak pohon yang kering pada lokasi tersebut,” ungkap Kabid Humas Polda NTB, Kombes Purnama, dalam keterangannya Senin (19/8/2019). 

Kebakaran tersebut pertama kali diketahui setelah adanya gumpalan asap dari Desa Nipah, Pemenang KLU. Api terus membesar dan merembet hampir di seluruh bagian bukit.

“Sekitar pukul 16.00 Wita dapat di padamkan oleh 6 personil Polsek Pemenang, 8 orang dari petugas Damkar serta dibantu oleh masyarakat sekitar dengan menggunakan alat seadanya sehingga api dapat di padamkan.

Api muncul kembali di titik yang berbeda berdekataan dengan lokasi yang pertama dan merambat sampai ke lahan Pandanan Pukul 17.00 Wita,” ujarnya.

Dalam proses penanganan Kapolda dan Gubernur NTB turun langsung meninjau lokasi dan ikut memberikan arahan kepada petugas yang memadamkan api. 

“Satgas Karhutla NTB saat ini masih stand by untuk mengantisipasi munculnya titik api kembali, melihat angin berhembus cukup kencang. Diimbau kepada masyarakat pengguna jalan raya sekitar area agar tidak membuang puntung rokok,” imbau Purnama.(red)