Sistem ‘Keyless’ Mobil, Ternyata Mudah Dibobol Pencuri

Berita-TKP.Com mobil yang sudah lama dipercaya lebih canggih, aman, dan bikin nyaman pengemudi perlahan terlihat ketinggalan zaman sebab ternyata mudah dibobol. Saat ini bukan cuma mobil yang makin canggih, tetapi pencuri juga dibekali teknologi mutakhir.

Keyless merupakan sistem kunci pintu mobil yang mengandalkan sinyal berkode. Sinyal itu ditransmisikan dari remote ke antena yang terpasang di mobil. 

Fitur ini bikin pengemudi tidak perlu lagi mengeluarkan anak kunci buat membuka pintu. Sebagai gantinya pengemudi cukup kantongi remote keyless, begitu antena menyadari sinyal berada dekat maka pintu bisa dibuka.

Belakangan produsen mobil mengombinasikan sistem keyless dengan sistem start/stop engine alias fitur yang bikin menyalakan mesin hanya tinggal memencet tombol. Umumnya bila sistem ini mengizinkan pintu dibuka maka selanjutnya pengemudi diperbolehkan menyalakan mesin via tombol.

Mencuri mobil dengan keyless rupanya mudah dilakukan dengan alat yang tepat. Malahan, keyless justru bikin pencurian dilakukan dengan cara elegan, tidak lagi perlu membongkar atau merusak sesuatu.

Pencuri cuma butuh waktu 10 detik buat membuka pintu mobil keyless dan sekejap kemudian bisa menyalakan mesin lalu pergi. 

Pencuri itu menggunakan alat pemindai khusus yang bisa menyadap kode-kode sinyal remote keylees kemudian memberikan data itu ke perangkat lainnya yang sanggup mengeluarkan sinyal yang sama.

Mobil bisa terkecoh menerima sinyal palsu kemudian pintu terbuka. Setelah pintu terbuka, bukan hal sulit menyalakan mesin kemudian membawa mobil pergi.

Pada kondisi penyadapan, alat pemindai pencuri mesti berada dekat dengan remote keyless saat digunakan. 

What Car telah menguji cara pencurian seperti itu pada tujuh mobil baru di Inggris. Hasilnya DS3 Crossback Ultra Prestige dan Audi TT RS bisa terbuka dalam 10 detik, sementara Land Rover Discovery Sport dalam 30 detik.

Beberapa cara buat meningkatkan keamanan keyless, beberapa produsen sudah membuat fitur yang menghentikan kebocoran sinyal remote keyless ketika tidak digunakan. Solusi lainnya yang lebih ampuh yaitu zaman dulu menggunakan kunci setir yang konvensional.(red)