Rutin Makan Kimchi Mampu Atasi Penipisan Rambut

0
104

Berita-TKP.Com Bagi pecinta makanan Korea dan ingin memiliki rambut tebal, ada alasan kuat jadikan kimchi sebagai teman makanan. Pasalnya kimchi bisa menjadi salah satu cara mengatasi penipisan rambut.

Penelitian yang baru saja dipublikasikan di World Journal of Men’s Health menemukan, kimchi dapat mempercepat pertumbuhan rambut baru dalam hitungan minggu, termasuk menghentikan proses kebotakan atau penipisan rambut akibat kerontokan dan membuat rambut makin tebal.

Hasil tersebut didapat setelah para peneliti dari Dankook University, Korea Selatan, melakukan percobaan makan kimchi pada 23 orang pria yang sedang memasuki fase rambut rontok tahap awal.

Partisipan diminta untuk meminum cairan kimchi dua kali sehari, yaitu saat sarapan dan sebelum tidur. Setelah satu bulan penelitian, peneliti mendapati rata-rata rambut partisipan bertambah dari 85 cm persegi menjadi 90 cm persegi. Dalam waktu empat bulan, rambut menjadi 92 cm persegi.

Selain mudah didapat, peneliti juga menyimpulkan bahwa kimchi merupakan perawatan rambut alami tanpa efek samping, termasuk salah satunya menjadi cara untuk mengatasi penipisan rambut.

“Obat yang ada saat ini dapat memiliki efek samping. Kami menemukan kimchi dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan menghentikan kebotakan. Ini adalah strategi perawatan yang lebih aman bagi pasien,” ujar peneliti, dikutip dari Daily Star.

Bagi orang Korea, kimchi menjadi salah satu menu yang wajib ada di meja makan. Kimchi sendiri merupakan sayuran yang difermentasi setelah dicampur dengan bubuk cabai, bawang bombai, bawang putih, minyak ikan, serta rempah-rempah yang membuat rasa kimchi menjadi spesial. Sayuran yang paling sering dipakai untuk membuat kimchi ialah kubis, sawi putih, serta lobak.

Seporsi kimchi kaya akan bakteri baik hasil fermentasi, yaitu lactobacillus yang akan menjaga kesehatan pencernaan. Termasuk tinggi vitamin A, vitamin C, dan juga serat.(red)