Kapolres Malang Kota Berganti, dari AKBP Asfuri ke AKBP Dony Alexander

0
71

Malang Berita-Tkp.Com  Tongkat komando Polres Malang Kota sebentar lagi beralih, dari AKBP Asfuri kepada AKBP Dony Alexander. Asfuri bakal mengisi jabatan baru di lingkungan Polda Metro Jaya. 

Berdasarkan Telegram Kapolri No: ST/2023/VIII/KEP/2019, pada (02/8/019) yang ditandatangani Asisten Sumber Daya Manusia (SDM) Kapolri Irjen Polisi Eko Indra Heri, rotasi jabatan dilakukan terhadap sejumlah perwira menengah, termasuk di jajaran Polda Jawa Timur.

AKBP Dony Alexander, yang sebelumnya menjabat Kasubdit II Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, dipromosikan sebagai Kapolres Malang Kota menggantikan AKBP Asfuri.

Asfuri, yang merupakan Alumni Akpol tahun 2000, dipercaya menjabat Wakil Direktur Samapta Polda Metro Jaya. Jabatan ini sekaligus membawa kembali Asfuri ke Ibu Kota.

Sebelum menjabat Kapolres Malang Kota, dia memegang kendali bagian operasional Polda Metro Jaya. Pada 2 Desember 2017, perwira kelahiran 4 April 1977 itu mulai memimpin Polres Malang Kota menggantikan AKBP Hoiruddin Hasibuan.

Kasubag Humas Polres Malang Kota Ipda Ni Made Marhaeni membenarkan adanya pergantian pucuk pimpinan baru di Polres Malang Kota.

“Iya benar, besok ada sertijab di Polda Jawa Timur. Dari Pak Asfuri kepada Kapolres Malang Kota baru Bapak AKBP Dony Alexander,” ujar Ni Made saat dimintai konfirmasi Tim Investigasi, Selasa (27/8/2019).

Selama menjabat Kapolres Malang Kota, Asfuri beberapa kali mengungkap kasus kriminalitas dan peredaran narkotika.

Seperti pembunuhan dan mutilasi perempuan di Pasar Besar, Malang, pertengahan Agustus 2019 dan pengungkapan ladang ganja yang melibatkan mahasiswa.

Untuk menjalin komunikasi dengan masyarakat, demi menjaga kamtibmas di wilayah hukum Polres Malang Kota, Asfuri mencanangkan Polisi RW dan program Bincang Aksi Mencari Solusi (Bakso).(red)