Inilah Profil dan Rekam Jejak Alexander Marwata Yang Kembali Jadi Pimpinan KPK

0
17

Berita-TKP.Com Komisi III DPR RI telah memilih lima nama Pimpinan KPK baru untuk periode 2019-2023, Salah satu nama yang terpilih adalah Alexander Marwata yang juga petahana.

Alexander kembali lolos sebagai pimpinan KPK setelah mengantongi 53 suara dalam voting yang digelar di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (13/9/2019) kemarin.

Alexander lahir di Klaten, Jawa Tengah, 26 Februari 1967, Alexander menempuh pendidikan di SD Plawikan I Klaten, SMP Pangudi Luhur Klaten, SMAN 1 Yogyakarta. Kemudian, dia melanjutkan pendidikan tinggi D4 Jurusan Akuntansi Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) dan S1 Ilmu Hukum di Universitas Indonesia.

Alexander menghabiskan sebagian besar kariernya di Badan Pengawas Keuangan Pembangunan (BPKP) sejak 1987 hingga 2011. Di 2010, dia menjadi Kepala Divisi Yankum dan HAM, Kantor Wilayah Hukum dan HAM Yogyakarta.

Selanjutnya di tahun 2012, ia menjabat sebagai kepala divisi pelayanan Hukum dan HAM di Kantor Wilayah Hukum dan HAM Sumatera Barat sekaligus Direktur Penguatan HAM di Direktorat Jenderal HAM, Kementerian Hukum dan HAM. Pada tahun yang sama, Alexander mulai menjadi hakim Ad-Hoc di Pengadilan Tinggi Tipikor Jakarta dan hakim pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.(red)