Pentingnya Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

0
189

Berita-TKP.com Rutinitas pagi tiap orang berbeda-beda. Beberapa orang suka bangun di pagi atau siang hari. Namun satu yang pasti tiap bangun tidur Anda harus minum air putih.

Faktanya, menurut penelitian, minum air putih harus dilakukan sebelum sarapan. Minum air putih harus diprioritaskan sebelum menyantap sarapan.

“Waktu yang dihabiskan untuk tidur bisa membuat Anda dehidrasi,” kata Suzanne Fisher, ahli diet dan pendiri Fisher Nutrition Systems kepada Daily Meal.

“Minum 1-2 gelas air saat bangun tidur bisa membantu rehidrasi.”

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, pencernaan Anda akan sangat menderita. Minum air putih setelah bangun tidur akan membantu meringankan kerja pencernaan dan membantu menyehatkan usus. Perut dan usus Anda membutuhkan air untuk bisa mencerna makanan dengan baik.

“Asupan air sangat penting untuk fungsi usus yang baik,” ujarnya.

Pasalnya, air menjadi pembantu untuk memindahkan makanan melalui saluran pencernaan Anda. Dengan minum air sebelum sarapan, tubuh bisa mencerna makanan dengan lebih mudah. Dengan kata lain, air akan meringankan kerja pencernaan.

Selain membantu meringankan kerja organ pencernaan, minum air sebelum makan juga akan membantu ‘diet.’

“Penelitian menunjukkan bahwa minum air sebelum makan bisa mengurangi asupan makan berlebih,” katanya.

Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, maka isyarat rasa kenyang akan mudah ditangkap. Anda pun bisa mengendalikan nafsu makan dengan lebih baik. (red)