Khofifah Ingin Festival Jatilan di Gunung Bromo Jadikan Agenda Rutin

Probolinggo Berita-TKP.Com Kesenian Jatilan atau Jaran Kepang digelar di lereng Gunung Bromo tepatnya di Amfiteater Jiwa Jawa Resort, Desa Wonotoro, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Pagelaran seni lokal yang digelar Sabtu (28/9/2019) sore itu menjadi daya tarik masyarakat dan wisatawan lokal maupun mancanegara. Festival itu dihadiri Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Dalam sambutannya, Gubernur Khofifah berharap agar festival tersebut menjadi agenda rutin.

“Kami berharap festival ini bisa digelar secara rutin, agar kunjungan wisatawan ke Gunung Bromo bisa lebih meningkat,” ujarnya.

Menurutnya, dengan banyak kesenian di Jawa Timur yang bisa disuguhkan kepada wisatawan, maka akan menjadi daya tarik mereka untuk tinggal berlama-lama di Jawa Timur.

“Termasuk salah satunya yakni dengan suguhan kesenian festival Jatilan,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari menambahkan, festival itu digelar bekerjasama dengan pelaku usaha termasuk Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Probolinggo.

“Kegiatan Jatilan disajikan dengan konsep perpaduan keindahan alam dengan kesenian lokal yang ditampilkan,” jelasnya.

Tantri berharap, kegiatan tersebut bisa menjadi daya tarik masyarakat dan wisatawan serta bisa memgenalkan seni budaya lokal kepada generasi muda.

“InsyaAllah kegiatan ini bisa digelar secara rutin untuk bisa menunjang lokasi wisata yang ada,” paparnya.

Selain Gubernur Khofifah dan Bupati Tantri, event ini juga dihadiri Dandim 0820 Letkol Inf Imam Wibowo, Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko serta para pejabat Pemkab Probolinggo.(red)