Yoga Jadi Cara Aman Mencegah Osteoporosis

0
12

Berita-TKP.Com Gangguan pada tulang bisa menyerang siapa saja. Yoga disebut-sebut menjadi salah satu cara pencegahan osteoporosis yang aman dan efektif.

Sebuah studi menunjukkan, yoga dapat membantu mencegah patah tulang. Hal ini sekaligus dapat melindungi tubuh dari ancaman menurunnya kepadatan tulang.

Mengutip situs National Center for Biotechnology Information (NCBI), studi dilakukan selama 10 tahun terhadap 741 peserta dengan gangguan osteoporosis. Peneliti menganalisis perubahan pada kepadatan mineral tulang sebelum dan setelah peserta melakukan yoga.

Selama kurun waktu itu, peserta diminta untuk mengikuti 12 pose yoga yang telah ditentukan peneliti. Beberapa pose yoga itu di antaranya vrksasana (pose pohon), utthita trikonasana, warrior pose II, dan masih banyak lagi.

Hasilnya, yoga menjadi cara yang aman dan efektif untuk mencegah patah tulang karena osteoporosis. Peneliti menemukan, kepadatan mineral tulang di bagian tulang belakang, pinggul, dan paha pada 227 peserta meningkat.

Peneliti juga tak menemukan adanya cedera serius terkait pose yoga yang diikuti. Alih-alih membuat cedera, kualitas tulang justru meningkat.

“Yoga tampaknya meningkatkan kepadatan mineral tulang di bagian tulang belakang dan paha dengan aman,” bunyi kesimpulan peneliti.

Salah satu penulis studi, Loren Fishman mengatakan, pose yoga berpotensi membangun tulang baru. Fishman mencontohkan pose supta padangusthasana. Pada gerakan itu terjadi perlawanan antar-otot, seperti paha depan yang melawan paha belakang.

Fishman, yang merupakan ahli fisioterapi dari Columbia University ini mengatakan, gerak saling tarik menarik itu menciptakan kekuatan yang secara fisik dapat merangsang osteoblas berubah menjadi osteosit.

Osteoblas merupakan sel-sel pembuat tulang yang awalnya hidup di luar tulang. Sementara osteosit merupakan sel-sel yang tertanam di dalam tulang.

“Anda benar-benar membuat tulang baru,” ujar Fishman, mengutip Yoga Journal.

Fishman percaya, yoga dapat membantu menghentikan efek pelemahan tulang yang datang seiring bertambahnya usia.

“Ada bukti kuat bahwa osteoblas muda merespons kekuatan yang dihasilkan oleh otot. Yoga mungkin dapat mencegah osteoporosis di kemudian hari,” pungkas Fishman.(red)