Memiliki 5 Manfaat Dalam Konsumsi Shirataki Secara Rutin Bagi Kesehatan Tubuh

0
17

Berita-TKP.Com Belakangan nasi dan mie shirataki populer sebagai makanan pengganti nasi karena dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan dengan cara sehat. Shirataki pun dijuluki sebagai ‘mie ajaib’ karena sangat rendah kalori.

Dalam 100 gram shirataki, mengandung 15 kalori, 0,02 gram lemak, 3,44 gram karbohidrat serta 0,19 gram protein. Selain itu makanan yang terbuat dari akar tanaman konjak ini mengandung 97 persen air dan berserat tinggi sehingga memberi rasa kenyang lebih lama.

Jika dikonsumsi secara rutin dengan nutrisi lengkap lainnya, shirataki memang bisa memberi banyak manfaat bagi tubuh. Apa saja manfaatnya?

1. Menurunkan Berat Badan
Shirataki mengandung glucomannan yang berasal dari akar tanaman konjak. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan National Institutes of Health Amerika Serikat, mengonsumsi glucomannan akan memberi efek perut penuh dan kenyang, sehingga akan merasa lapar lebih lama. Selain itu serat glucomannan juga bisa menekan produksi grehlin, hormon yang menstimulasi rasa lapar.

2. Menurunkan Kolesterol
Konsumsi secara rutin shirataki yang tinggi akan glucomannan diyakini bisa menghambat penyerapan dan pengangkutan kolesterol di usus besar. The American Journal of Clinical Nutrition melaporkan, hasil studi pada 1995 menunjukkan tingkat kolesterol pada 70 responden pria berkurang hingga 10 persen, setelah mereka mengonsumsi serat glucomannan selama empat minggu.

3. Membantu Mengontrol Diabetes
Glucomannan membantu mengurangi kadar gula dalam darah setelah makan. Serat ini juga meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap 13 pasien diabetes, tingkat gula darah mereka menurun hingga 29 persen setelah 90 hari mengonsumsi suplemen glucomannan.

Dari penelitian tersebut disimpulkan bahwa serat yang terkandung dalam tumbuhan konjac ini membantu mengontrol gula darah pada orang yang berisiko tinggi terkena diabetes. Oleh karena itu mie shirataki bisa menjadi alternatif pengganti pasta atau nasi yang lebih sehat bagi penderita diabetes.

4. Melancarkan BAB

Sembelit atau kesulitan BAB bisa menimbulkan berbagai masalah pada pencernaan. Konsumsi shirataki secara rutin dapat memperlancar BAB. Serat pada shirataki akan mengembang menjadi jelly ketika menyerap air, sehingga memicu dorongan untuk BAB, dengan cara alami yang lebih sehat.

5. Menurunkan Risiko Kanker Usus Besar

Shiratake tak dicerna tubuh seluruhnya. Saat dikonsumsi, serat glucomannan hanya melewati sistem pencernaan, dan dibuang melalui usus besar. Pergerakan itu akan menstimulasi otot pada usus untuk membersihkan saluran pencernaan. Akhirnya, sisa-sisa makanan dan racun pada tubuh akan keluar lewat feses.

Ini artinya shiratake berfungsi membersihkan kolon atau usus besar sehingga membantu penyerapan mineral dalam tubuh. Oleh karena kesehatan pencernaan merupakan inti dari kesehatan tubuh secara keseluruhan, maka mengonsumsi shiratake secara rutin dapat membantu memelihara kondisi tubuh dalam jangka lama.(red)