Pemilik Travel di Sampang Madura Diamankan Karena Telah Tipu Calon Jemaah Umroh

0
97

Sampang Berita-TKP.Com H Razak bin Ahmad (47), seorang pemilik travel PT Royal Mandiri diamankan polisi yang berada di Desa Gunung Sekar, Kelurahan Gunung Sekar, Sampang, Madura.

Warga Kramat I, Kelurahan Gunung Sekar, Sampang ini diamankan karena melakukan penipuan dan penggelapan kepada korban Soleh Sayuti (50), warga Dusun Tambak, Desa Jragoan, Kecamatan Omben, Sampang yang berkeinginan untuk berangkat umroh.

“Tersangka telah kami tangkap,” ujar Kapolres Sampang AKBP, Didit Bambang Wibowo Saputro, Jumat (2/11/2019).

Selain tersangka, polisi juga mengamankan barang bukti uang tunai Rp 20 juta yang diduga merupakan sisa dari uang korban yang digelapkan, surat pernyataan dan bukti rekening koran.

Dari hasil penyelidikan, pelaku meminta uang untuk ongkos dan pengurusan umroh kepada korban dengan membayar biaya Rp 46 juta setiap jemaah dan biaya tersebut dapat dibayar dengan cara dicicil.

Korban yang tertarik dengan tawaran tersangka tersebut, meminta agar dapat diuruskan pemberangkatan umroh. Korban kemudian menyerahkan uang tunai Rp 21 juta kepada tersangka.

“Beberapa hari kemudian, tersangka meminta korban untuk segera membayar kekurangan dari biaya pemberangkatan umroh. Karena terdesak, korban menyerahkan 1 unit mobil Karimun kepada tersangka untuk dijualkan. Tersangka kemudian menjual mobil milik korban dengan harga Rp 90 juta,” ujarnya.

Setelah menunggu lama, tersangka tidak menepati janjinya untuk memberangkatkan korban melaksanakan ibadah umroh. Begitu juga hasil sisa dari penjualan mobil milik korban juga tidak dikembalikan.

“Korban yang mengalami kerugian materiil Rp 116 juta kemudian melaporkan ke kami. Tersangka kami tangkap dan dijerat Pasal 378 KUHP Sub Pasal 372 KUHP dengan ancaman hukuman kurungan selama 4 tahun,” pungkasnya.(red)