Kecelakaan Mobil Otonom Uber: ‘Software’ Tak Mengenali Objek

0
10

Berita-TKP.Com Pencarian penyebab kecelakaan melibatkan seorang wanita bernama Elaine Herzberg (49) pada Maret 2018 di Tempe, Arizona, Amerika Serikat yang diakibatkan mobil otonom (mobil bergerak otomatis) kian menemui titik terang.

Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (National Transportation Safety Board/NTSB) mengumumkan perangkat lunak (software) pada sistem mobil Uber dinilai gagal mengenali objek.

Karena itu sistem memutuskan untuk tidak menghindari korban yang menyeberang jalan di lokasi yang tidak disediakan fasilitas penyeberangan seperti dilansir AFP, Jumat (8/11/2019).

Menurut sebuah laporan terbaru yang dikeluarkan menjelang sidang pada 19 November menentukan penyebab kecelakaan karena sistem Uber itu tidak pernah mengenalnya “sebagai pejalan kaki”, tetapi cuma menganggapnya sebagai objek.

NTSB dalam sebuah laporannya menjelaskan bahwa perangkat lunak mobil sebenarnya telah melihat wanita itu hampir enam detik sebelum terjadi insiden tabrakan pada malam hari dengan sepedanya.

Sebelumnya juru bicara Uber sempat mengakui bahwa ada ‘kelonggaran’ pada sistem sehingga tidak mengenali objek bergerak yang sedang menyeberang, sehingga melihat objek yang bukan masalah bagi kendaraan.

Namun perusahaan telah meyakini pihak NTSB bahwa perangkat lunak menentukan terjadi pengereman lebih dari 4 detik sebelum benturan. Sistem standarnya diatur melakukan pengereman ekstrem untuk mengurangi cedera fatal pada objek di luar.

Kecelakaan mobil otonom Uber yang menewaskan seorang wanita penyeberang jalan cukup menggemparkan industri kendaraan swakemudi. Korban dinyatakan tewas setelah tertabrak Volvo XC90 yang dilengkapi sistem otonom.

Akibat kecelakaan di Arizona itu, Uber menghentikan semua program kendaraan otonom mereka untuk sementara.

Menurut laporan itu, 37 tabrakan yang melibatkan kendaraan Uber yang beroperasi dalam mode otonom terjadi antara September 2016 dan Maret 2018, tidak termasuk kecelakaan di Arizona.(red)