Petualangan Komplotan Pencuri Antar Provinsi Terhenti di Situbondo

Situbondo Berita-TKP.Com Tiga pencuri terjebak di gang sempit saat kabur dari kejaran warga di wilayah Kelurahan Ardirejo, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo. Ketiganya tertangkap warga dan diserahkan ke polisi.

Ketiganya terpergok saat hendak mencuri di salah satu rumah di kawasan Perumahan Patokan Cluster. Para pelaku kabur menggunakan mobil Daihatsu Xenia bernopol DK 1869 AN hingga terjebak di gang sempit dan diamankan warga Kelurahan Patokan.

Kasubbag Humas Polres Situbondo Iptu Nuri menjelaskan, komplotan pencuri bermobil itu terdiri dari empat pelaku. Tiga pelaku berhasil ditangkap warga, satu lainnya diamankan polisi di tempat yang berbeda. Ketiga pelaku itu AS (27), DS (36) dan SG (40), warg asal Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

“Mereka mengaku sudah membobol satu rumah dan saat akan beraksi di rumah lainnya di Perumahan Patokan Cluster, diketahui oleh warga kemudian berhasil diamankan,” ujarnya Nuri, Rabu (27/11/2019).

Komplotan pencuri bermobil antar provinsi itu kemudian diserahkan dan diamankan Satreskrim Polres Situbondo. Peristiwa itu terjadi pada Selasa (26/11/2019). Di TKP, tampak menenangkan massa yaitu KBO Reskrim Ipda Gede Sukarmadiyasah bersama Kapolsek Panji, Iptu Bambang serta anggota Unit Resmob.

“Setelah ditangkap, oleh warga dibawa ke Kantor Kelurahan Ardirejo beserta seluruh barang bukti hasil curian,” tuturnya.

Nuri menyebut, selain tiga pelaku, sejumlah barang bukti juga disita, yaitu mobil Xenia warna hitam DK 1869 AN beserta STNK Xenia H 9218 NP, satu bendel uang pecahan kertas campuran, 2 buah tas perempuan yang berisi aksesoris dan perhiasan, 1 kotak uang recehan, 3 buah HP, 1 buah engkol roda, 1 buah sprei warna kuning dan 4 buah tas yang berisi pakaian.

“Kami ucapkan terima kasih atas peran aktif warga dalam memberikan informasi dan membantu menjaga Kamtibmas di wilayah Situbondo,” imbuhnya.

Ketiga pelaku diperiksa intensif untuk membongkar jejak kejahatan yang dilakukan komplotannya.(red)