Wamen BUMN Dorong Pertamina Gencar Kembangkan Bisnis EBT

0
8

Berita-TKP.Com Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin mendorong PT Pertamina (Persero) untuk mengembangkan bisnis energi baru terbarukan (EBT). Dalam hal ini, pemerintah meminta perusahaan untuk melakukan diversifikasi bisnis.

Sejatinya, sambung Budi, sumber energi baru terbarukan tak harus selalu biodiesel, tapi bisa juga dari biomassa. Energi biomassa umumnya berasal dari limbah dan tumbuhan.

“Lebih masuk akal, sumber lokal ada. Tidak susah juga. Jadi EBT tidak harus solar. Mungkin lebih efisien adalah produksi menggunakan biomassa,” ujar Budi, Rabu (27/11/2019).

Terlebih, Indonesia memiliki banyak hutan tropis yang berisikan berbagai macam tumbuhan yang bisa dijadikan sumber energi biomassa. Dengan begitu, tak sulit bagi Pertamina mendapatkan sumber energi tersebut.

“Indonesia kan ada hutan tropis, di mana pohon tumbuh cepat, daun gugur cepat. Itu bisa dimasukkan,” ujarnya.

Hanya saja, Pertamina tetap harus memastikan harga jual produksinya tetap terjangkau oleh masyarakat. Sebab, masih ada miliaran orang di dunia yang belum bisa mengakses energi.

“Jadi sebelum loncat lebih jauh, hal-hal terkait ketersediaan dan keterjangkauan harus dilihat juga,” terang dia.

Sebelumnya, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan ada sejumlah pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan oleh perusahaan. Beberapa di antaranya, seperti ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) di dalam negeri dan membuka akses energi kepada masyarakat.

Selain itu, dua pekerjaan rumah lainnya, yakni pemenuhan target bauran energi sebesar 23 persen dari energi terbarukan dan memastikan harga BBM terjangkau di seluruh wilayah Indonesia.(red)