Kades Dadapan Membiarkan Tambamg Liar Diduga Karena Upeti

0
154

Nganjuk Berita TKP-Com Masyarakat Desa Dadapan Kecamatan Ngronggot,Kabupaten Nganjuk memprotes penambangan pasir liar yang diduga dibekingi oleh oknum Kepala Desa, Sabtu (7/12/2019).Berdasarkan informasi yang dihimpun media ini, salah satu warga Handoyo warga membenarkan ada kegiatan penambangan pasir di wilayah Desa Dadapan.

Terkait hal tersebut, Handoyo memastikan, aktivitas pertambangan pasir tersebut, karena sejauh ini memang belum diketahui terkait perizinannya.”Sudah pernah didatangi puluhan warga di Kantor Desa, menanyakan sudah galian lagi beroperasi. Makanya kami meminta segera ditutup. Terutama terkait galian tak ada izin yang mereka kantongi,” tutur Handoyo yang kebetulan penebas tanah warga.

akibat penambangan ini sudah merusak dan berdampak pada lingkungan. Akibatnya kemarahan masyarakat tak terbendunglagi akan melakukan aksi masa dilahan tak berizin, karena akibat galian sedalam 3 meter, yang meyerupai kolam inilah yang akan menjadi penyebab jatuhnya korban jiwa kalau musim hujan tiba.“Sebanarnya penambangan ini sejak awal masyarakat Desa Dadapan sudah menolak penambangan ini, makanya kami melakukan protes dan membuat surat penolakan kepada Muspika, dengan alasan menjaga rusaknya lingkungan dan rusaknya fasilitas jalan desa,” ungkap salah-satu tokoh masyarakat yang enggan dipublikasikan.

Lanjut tokoh masyarakat Desa Dadapan mengaku sudah tidak bisa menoleransi lagi atas aktifitas penambangan di Desanya itu, sebab warga dan masyarakat tidak memperoleh keuntungan, malah meresahkan Masyarakat,“ ungkapnya.Sementara itu, hal senada juga diungkapkan Kepala Desa Dadapan, Anton melalui whatsapp, dirinya baru mengetahui informasi ini, bahwa ada kegiatan penambangan pasir di wilayahnya. Namun untuk memastikan aktivitas tersebut, selain meminta perangkat desa untuk melakukan kroscek.

“Mohon maaf mas.. Saya masih takziyah ada warga saya meninggal dunia, terimakasih sudah dikasih informasi Usai menerima informasi. saya akan tindaklanjuti,” ujarnya.Disinggung terkait aktivitas galian pasir di Desa Dadapan, Kades membantah tidak tahu menahu kegiatan tersebut.”Saya tidak tau ceritanya semua itu berhubungan dengan warga yang punya lahan Masing-masing,” Elaknya.(kuswanto)