Pedagang Resah Terima Uang Palsu dari Pembeli di Kota Probolinggo

Probolinggo Berita-TKP.Com Uang palsu beredar di Kota Probolinggo. Seorang pedagang makanan di kawasan museum Kota Probolinggo tertipu setelah dirinya menerima pembayaran nasi oleh salah seorang konsumennya menggunakan uang palsu.

Pedagang yang menjadi korban itu adalah Mince (36) salah seorang pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Suroyo, Kelurahan Tisnonegaran, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo.

“Saya baru tahu kalau uang pecahan Rp 50 ribu itu palsu saat membelanjakan kembali ke toko sembako,” ucapnya, Jumat (20/12/2019).

Ia mengaku kaget saat uang yang dibayarkan untuk pembelian beras ternyata setelah dicek menggunakan alat deteksi uang disebut palsu.

“Uang itu saya dapat dari salah seorang konsumen pada Kamis (19/12/2019) kemarin,” ucapnya.

Kasatreskrim Polres Probolinggo Kota, AKP Nanang Fendi Dwi Susanto mengatakan pihaknya akan melakukan penyelidikan terhadap peredaran uang palsu di wilayahnya.

Selain itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan waspada terhadap uang yang diterimanya dengan melakukan pengecekan.

“Kami akan melakukan penyelidikan peredaran uang palsu. Apalagi sebentar lagi akan ada libur panjang sekolah. Jadi ada peningkatan transaksi di masyarakat,” pungkasnya sambil meminta agar masyarakat untuk meneliti pembayaran dengan cara diraba dan diterawang atau alat deteksi uang.(red)