Surabaya Berita TKP-Com Ditreskoba Polda Jawa Timur menggelar konfrensi press tangkapan narkoba awal Tahun 2020. Hasil penangkapan terbesar jajaran dari Polrestabes Surabaya, Polres Polres Tanjung Perak dan Polres Bangkalan yang langsung di release Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Luki Hermawan.

Pengungkapan Narkoba menjadi prioritas utama untuk awal tahun, sesuai arahan Kapolri. Dalam minggu terakhir jajaran polda jatim mengungkap sindikat dari malaysia yang kurang lebih 50 kg dimana kemasan ini hampir sama di Polda lain yaitu bungkus teh Cina Guanyinwang.

“Kedua WNA ini membawa sendiri Sabunya memakai mobil masuk dari Myanmar lalu ke Birma Kuching dibawa langsung ke Pontianak lalu terakhir di Jawa Timur melalui Pelabuhan Tanjung Perak. Kedua WNA yang membawa Narkoba dari Malaysia adalah Chee Kim Tiong (40) dan Lhau Chu Hee (39) masing masing membawa 14 Kg Narkoba Jenis Sabu,” Kata Irjen Pol Luki Hermawan, Senin (3/2/2020).

Wadir Reskoba Polda Jatim, AKBP Nasriadi menambahkan, mereka langsung diperintah oleh bandar besarnya yang dari Cina. Ada juga mereka menggunakan jaringan dari Kalimantan melalui Batam “Ini merupakan hasil pengembangan yang pertama, akhirnya kita kembangkan langsung menangkap bandar dua ini, diatas mereka ada bandar besar lagi.” Kata AKBP Nasriadi.

Jaringan internasional ini ada lagi motifnya adalah jaringan Ranjau, yaitu dengan sistem pengiriman tanpa dikenal pengirimnya “Ini sudah terjadi di Surabaya, sampai 2 kg yang menggunakan sistem Jaringan Ranjau,” imbuhnya Nasriadi.

Dari Polrestabes Surabaya menangkap Rizal Wahyu Putra memiliki barang narkoba jenis sabu sebesar 1 kg yang dikirim melalui kapal laut dari Malaysia. Pengungkapan dari Polres Bangkalan, Satnarkoba berhasil mengamankan Achmad Marzuki alias Bindere Mad alias Gondrong (46) yang merupakan pengajar bahasa arab disalah satu Ponpes. “Tersangka ini menyampaikan di santrinya bahwasanya Sabu tidak Haram (Halal) sehingga ada santri yang terpengaruh untuk membeli,” kata Kasat Narkoba Polres Bangkalan, AKP Soekris Trihartono.
(Dadang)