Sanksi Sosial Yang Tidak Pakai Masker

0
56

Malang Berita TKP–Com Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur Senin (29/6/2020) pagi mulai menerapkan sanksi sosial terhadap puluhan orang yang terjaring operasi penertiban masker di desa Landungsari.

Operasi itu langsung dipimpin Camat Dau, Drs Eko Margianto bersama Danramil Dau, Kapten Bambang H. Sejumlah anggota Koramil, Polsek Dau, Linmas Kecamatan juga di libatkan.

Satgas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kecamatan Dau dalam melaksanakan penegakkan disiplin pakai masker juga melibatkan Tim Satgas Penanganan Covid-19 Universitas Muhammadiyah Malang.

Ada dua tempat yang menjadi titik sasaran operasi, yakni di pertigaan menuju pasar dan di pasar Landungsari. “Operasi ini sesuai dengan Perbup no 20 tahun 2020 pasal 38. Lakukan dengan humanis,” ujar Danramil Dau, Kapten Bambang H agar yang dicanangkan pemerintah bisa.menurunkan Covid-19

“Jangan buat mereka takut. Tujuan utama kita adalah mendisiplinkan mereka dalam menerapkan protokol kesehatan,” katanya

Camat Dau menambahkan bahwa penegakan ini agar diarahkan dengan baik. “Yang penting bagaimana masyarakat disiplin mengenakan masker bila kemana-mana, agar Covid-19 tidak menyebar kemana-mana,” ujarnya.
[29/6 14.45] Imam TKP: Penerapan sanksi dalam operasi penertiban pemakaian masker dalam pencegahan Covid-19 kali ini dilakukan karena sebelumnya sudah melalui tahapan-tahapan mulai sosialisasi dan sebagainya.

Operasi sesuai dengan Perbup no 20 tahun 2020 pasal 38 ini menyebutkan bahwa sanksinya adalah :

1. Teguran lisan

2. Teguran tertulis

3. Kerja sosial pembersihan fasum

4. Tindakan pemerintahan

5. Penyitaan KTP

6. Pencabutan izin sesuai kewenangannya

Camat Dau menambahkan operasi penertiban kali ini sudah menginjak pada tahapan sanksi poin ke 3 dan ke 4.

Sanksi yang diterapkan mulai nyapu sampah sepanjang 5 hingga 10 meter, menghafalkan Pancasila, menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Hanya dalam waktu tak lebih dari 45 menit, puluhan orang terjaring. Satgas gabungan Kecamatan Dau dan Universitas Muhammadiyah Malang dengan bijak menepikan mereka.

Mereka yang terjaring juga dengan senang hati mematuhinya. Dihentikan, dipinggirkan, didata identitasnya, dipakaikan rompi warna oranye, kemudian disuruh memilih 3 sanksi sosial itu. Kemudian mereka diberi masker gratis setelah membaca lembar pengakuan pelanggaran sambil difoto oleh Tim Satgas.

Lembar pengakuan pelanggaran itu berbunyi: Saya pelanggar tatanan normal baru, berjanji akan memakai masker apabila keluar rumah. Saya siap menerima sanksi karena tidak memakai masker.

Operasi kali ini sudah menginjak hari ke tiga bagi Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, dan memulai menerapkan sanksi sosial dalam operasi penertiban masker di desa Landungsari,. (Red)