Ketua RT 09, RW 02 Asemrowokali, Kel. Asemrowo, Kec. Asemrowo Surabaya, Dituntut Mundur oleh Warganya.

0
142

Surabaya Berita TKP-Com Dalam skup kecil, Rukun Tetangga (RT) merupakan bagian Pemerintahan terendah dalam struktural. Akan tetapi peran RT sangat penting dalam kepengurusan kampung. Mereka merupakan ujung tombak dari suatu Pemerintahan, dan yang lebih penting lagi pengurus kampung atau Ketua RT harus benar-benar pro dengan warganya dan memegang amanah yang sudah dipercayakan oleh Warganya. Masalah apapun harus terbuka terhadap warganya, tidak dibenarkan jika dalam tugasnya berkehendak sendiri, semua harus ada musyawarah untuk mencapai mufakat.

Seperti yang terjadi di wilayah RT 09, RW 02 Asemrowokali, Kel. Asemrowo, Kec. Asemrowo Surabaya, warga menginginkan agar Jamil, selaku Ketua RT 09 mundur dari jabatannya. Menurut sumber dari beberapa warga, bahwa, ” Ketua RT sudah tidak amanah dalam menjalankan tugasnya, ada beberapa bukti yang sangat memalukan jika diungkapkan. Landasan atau dengan dasar inilah warga sudah tidak menghendaki kepemimpinannya, ada beberapa bukti yang sudah dikumpulkan oleh warga sehingga permasalahan ini diteruskan ke Ketua Rukun Warga (RW) untuk diselesaikan sesuai Perwali No. 38 tahun 2016, tentang aturan pengunduran diri seorang Ketua RT. Dalam kesepakatannya Ketua RT siap mengundurkan diri, sehingga Ketua RW menyarankan pada warga untuk mempersiapkan struktural pengurus RT yang baru. Akhirnya warga memenuhi saran dari Ketua RW, tapi justru struktural yang baru ini dimanfaatkan oleh Ketua RT untuk melapor ke Kelurahan, bahwa ada pembentukan pengurus secara sembunyi-sembunyi, sehingga permasalahan jadi bias dan belum selesai, karena Ketua RT mencabut kata-katanya bahwasannya dia tidak jadi mengundurkan diri,” jelas beberapa warga yang tidak mau disebutkan namanya.

Dengan adanya Mosi tidak percaya warga terhadap RT nya ini, media Berita TKP sangat menyayangkan pihak RW belum bisa menjembatani atau mediasi warganya agar keinginan warga bisa terpenuhi sesuai harapan. Semoga Lurah Asemrowo bisa mediasi permasalahan ini,,Amin. Media Berita TKP akan terus mengikuti permasalahan ini sampai selesai dan menjadi terang benderang.(bersambung)
(red)