Polisi Gerebek Tambang Galian C Diduga Ilegal di Kediri, Sita 2 Unit Alat Berat

0
56

KEDIRI, Berita TKP – Jajaran Polda Jawa Timur menggerebek lokasi tambang galian C diduga ilegal di Desa Manggis, Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri, Sabtu (14/11/2020).

Dari penggerebekan ini, petugas mengamankan dua unit alat berat excavator yang kedapatan sedang beroperasi di lokasi.

“Kami sebagai warga sekitar mengapresiasi penggerebekan tersebut, dan semuanya yang tidak berizin harus ditertipkan dan diproses sesuatu aturan perundang-undangan yang berlaku di negara ini, karena di sini ada penambangan yang tidak berizin,” kata salah satu warga yang tidak mau dipublikasikan di lokasi penggerebekan.

Parno (samaran, red) menjelaskan, lahan yang terdampak penambangan tersebut meluas bahkan ada yang lebih besar dari koordinat yang sudah ditentukan. “Pemilik dan dua alat berat sudah diamankan oleh pihak polisi untuk mengetahui siapa pemilik tambang,” ucapnya.

Namun demikian, warga sekitar enggan menyebutkan masing-masing identitasnya. Baik pemilik maupun sopir yang diamankan.

Jika terbukti, lanjut pria yang juga pemerhati lingkungan, ancaman jeratannya adalah Pasal 158 Undang-undang nomor 4 tahun 2009 Tentang Minerba dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara dan denda paling banyak 10 miliar. “Yang jelas kita dalami dulu,” tandasnya (Tim)