Perhutani Bersama Pemdes Bangle Tanam Pohon Berbuah

0
130

NGANJUK, Berita TKP – Dalam rangka pelestarian alam, sekaligus untuk meningkatkan gizi masyarakat, Pemerintah Desa Bagke Kecamatan Lengkong, Kabupaten Nganjuk, bersama jajaran Perhutani melaksanakan ‘Gerakan Penanaman Pohon Berbuah’ dilahan milik pemdes setempat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Perhutani diwakili JK Pujiono, Kepala Desa Bagle Tarminto beserta perangkat, serta Staf Perhutani Hartani dan masyarakat sekitar.

Setidaknya, tidak kurang dari 104 pohon produktif ditanam dalam aksi tersebut. Jenis pohon yang ditanam diantaranya Mangga, Kepoh, Trembesi,batu, dan tanaman buah lainnya

Kepala Desa Bagle. Tarminto. mengharapkan dengan adanya kegiatan tersebut, masyarakat lebih peduli terhadap pelestarian alam dengan memanfaatkan lahan kosong.

“Guna memanfaatkan lahan yang tidak produktif masyarakat setempat, sekaligus dapat menjadikan branding bagi Desa Bangle,” paparnya

Dilokasi yang sama, Mantri Perhutani wilayah Nganjuk JK Pujiono, menuturkan bahwa penanaman pohon produktif tersebut, disamping dapat menambah keasrian lingkungan, juga untuk peningkatan ketahanan pangan masyarakat.

Selain itu juga sebagai upaya pemberdayaan masyarakat dalam membudidayakan dan memanfaatkan lahan kosong, untuk ditanami beraneka tanaman buah maupun sayuran.

“Kami berhap tanah yang tidak produktif, masyarakat dapat memanfaatkannya dengan ditanami tanaman pangan guna pemenuhan kebutuhan gizi bagi keluarga,” pungkas JK Pujiono kepada media dilokasi tanam, Minggu (6/12/2020). (Mbri/kla)