Dinas Perizinan Nganjuk: Pelaku Usaha Berdiri Melakukan Kegiatan Pengurukan Tanpa Dilengkapi IMB

0
94

NGANJUK, Berita TKP – Kendati pelaku usaha pengurukan di jalan Raya Surabaya-Madiun tepatnya di Dusun Pliming Desa Bangkerep Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk saat ini tidak berizinkan, rupanya pelaku usaha urukan tersebut tidak mengindahkan hal tersebut. Kepala Bidang Pelayanan Perizinan Umum dan Usaha, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu, Sudrajat mengatakan, izin tata ruang kota memang dilakukan, Sejauh itu pula, dinas terkait tidak menerima pengajuan izin mendirikan bangunan (IMB) belum

“Memang ada beberapa yang dipenuhi, kalau IMB nya belum berizin, Nyatanya mereka tidak konsultasi ke kami tapi tiba-tiba melakukan kegiatan tersebut,” kata Sudrajat kepada Berita TKP melalui via seluler. Senin (28/12/2020)

Berdasarkan data yang dihimpun Berita TKP di lokasi tercatat pelaku usaha di Dusun Plimping Desa Gebangkerep Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk baru mengantongi Surat Izin tata ruang kota Sedangkan untuk izin resmi pendirian bangunan sedikitnya dibutuhkan semacam studi kelayakan, harus mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB), izin gangguan dan mendapat persetujuan dari pelaku usaha kecil di lingkungan sekitar lokasi

“Kami akan memberikan sanksi kalau ternyata masih diteruskan pengurukan tanpa dilengkapi izin IMB nya, pihaknya akan melakukan pemberhentian sementara,” katanya.

Terpisah saat di konfirmasi pelaku usaha urukan tanpa izin Ketua Pelaksana Harian Jawa Timur KPLH BAI Suyatno mengatakan mengharap setiap ada pembangunan pelaku usaha untuk mengikuti prosedur peraturan daerah kabupaten Nganjuk, setelah mendengar hasil pembicaraan antara Berita TKP bersama Kadinas Perizinan Nganjuk.

“Kami mengharapkan setiap pelaku usaha harus mengikuti peraturan daerah kabupaten Nganjuk, bukan itu saja kami akan melaporkan kepihak terkait,”paparnya

Di Katakan Suyatno, seharus nya Dinas Cipta Karya & Tata Ruang sebelum mengeluarkan Surat Perintah Kerja kepada pelaksana kegiatan pengurukan di Dusun Plimping Desa Gebangkerep Baron terlebih dahulu mengajukan pengurusan IMB, agar di kemudian hari tidak di persoalkan. Ungkap Suyatno.

Menurut keterangan Anton petugas lapangan menyatakan, izin sudah terselesaikan semuanya.namun dari media Berita TKP mengklarifikasi belum semuanya jadi.

“Izin sudah sudah semua mas, apa yang dikatakan Kadinas Perizinan itu tidak benar artinya ngawur,”Imbuh antok sambil meninggalkan tempat pergi tanpa alasan.

Sampai berita ini diturunkan, pihak pelaku usaha saling lempar omongan, baik antok dan kawan-kawan. (Andibandit86)