Pelantikan Kades Sidoarjo Digelar Secara Virtual

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sidoarjo
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sidoarjo

Sidoarjo, Berita TKP – Muncul wacana Pelantikan Kepala Desa (Kades) terpilih di Sidoarjo akan digelar secara online. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi terjadinya kerumunan saat prosesi pelantikan dilakukan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sidoarjo, Fredik Suharto menyebutkan, setidaknya ada 174 desa yang telah mengadakan Pilkades Serentak di Sidoarjo. Oleh karenanya, pelantikan untuk para kades terpilih nanti dimungkinkan akan digelar secara virtual.

“Tapi ini masih usulan sifatnya, masih belum disetujui. Jadi intinya masih dalam proses pembahasan di pemkab,” kata Fredik, Minggu (21/2/2021).

Pelantikan untuk para Kades terpilih ini akan digelar pada bulan Maret 2021 besok. Perihal tanggal pastinya, Fredik mengaku masih menunggu hasil keputusan dari pimpinan tertingginya di Pemkab Sidoarjo.

Mundurnya pelantikan ini dikarenakan, jadwal pelantikan untuk Bupati dan Wakil Bupati terpilih di Sidoarjo juga ditunda hingga akhir bulan Februari 2021. Alhasil, pelantikan kepada para kades ini yang sebelumnya dijadwalkan tanggal 24 Februari, juga ikut mundur.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan Pemkab Sidoarjo, Ainur Rohman juga mengharapkan, pelantikan Kades itu nantinya tidak digelar di Pendopo Delta Wibawa. Sebab di tengah situasi pandemi seperti sekarang, hal-hal semacam ini berpotensi akan menimbulkan kerumunan.

“Nantikan sebelum pelantikan ada gladi kotor di masing-masing desa atau kecamatan. Ini nanti akan berperan untuk mencari kemungkinan terjadinya kendala (saat pelantikan digelar online),” ujar Ainur. (SN/Shu)

Sebarkan Berita