Jurkum Bentuk Kepengurusan Di Villa Tretes, Prigen Jawa Timur

Surabaya, Berita TKP – Perkumpulan Jurnalis Hukum (Jurkum), melengkapi kepengursan organisasinya pada rapat kerja di sebuah villa di Tretes, Prigen, Pasuruan, Sabtu-Minggu (20-21/2/2021).

Jurkum merupakan wadah bagi wartawan senior dan milenial dari berbagai media massa untuk berkarya. Mengemban tugas jurnalistik berdasarkan UU RI Nomor 40 Tahun 1999, Tentang Pers Nasional.

Jhon Ferry Saragih selaku Ketua Umum (Ketum) Jurkum mengatakan, organisasi dibentuk bersama jurnalis senior dan jurnalis milenial di Surabaya.

“Jurkum mulai dirintis sejak awal 2017 lalu. Tapi baru hari ini diresmikan, disempurnakan kepengurusannga. Dalam waktu dekat, akan dilegalkan dengan membuat akte pendirian di Notaris,” kata Jhon saat acara raker di Villa Kodok.

Tak hanya itu, Jurkum juga akan membuka Lembaga Bantuan Hukum (LBH) yang melakukan advokasi bagi masyarakat tidak mampu, ketika menghadapi proses hukum.

“Kita juga akan menggandeng rekan advokat yang mau berkerjasama dengan Jurkum untuk melakukan pembelaan pada masyarakat tidak mampu,” tegas dia.

Terpisah, Supriadi salah satu jurnalis senior di Surabaya mengatakan, organisasi ini dibentuk dari obrolan di warung kopi.

“Kami bukan bermaksud untuk bersaing dengan organisasi yang sudah ada. Tapi semakin banyak organisasi jurnalis semakin bagus,” kata Supriadi yang dipercaya sebagai bendahara.

Senada dengannya, jurnalis milenial bernama Michael Fredy Yacob mengungkapkan, alasannya bergabung di Jurkum.

Pemuda yang saat ini bekerja di Harian DIsway ini mengaku simpati dan bergabung di Jurkum, karena kekompakan dan banyaknya wartawan senior.

Organisasi ini sebagai wadah saya untuk belajar. Salah satunya tentang penulisan hukum dan kriminal. Karena saya pribadi tergolong baru terjun di jurnalis,” tandas Michael.

Sementara, Beduar Sitinjak, yang ditunjuk sebagai penasehat menjelaskan, sangat mendukung berbagai kegiatan positif ke depan, setelah tuntas menyusun AD/ART bulan depan (red)

Sebarkan Berita