Nganjuk, Berita TKP – Petugas Dinas PUPR Kabupaten Nganjuk melakukan pengerukan di aliran sungai Desa Sumengko, Kecamatan Sukomoro, Selasa (23/02/2021) mengangkat lumpur bercampur sampah yang sering menghambat aliran sungai.

Pengerukan ini dilakukan di lima titik berbeda yang ada di empat kecamatan.

Menurut Drs. Gunawan Widagdo, M.Si Kadis Dinas PUPR Kabupaten Nganjuk bahwa kami rencanakan dalam dua minggu terkahir sungai tersebut mengalami banjir.

Akibatnya air sungai meluber ke jalan hingga pematang sawah. “Peristiwa banjir kali ini yang terbesar di wilayah Sumengko, ada sekitar satu kilometer dari jembatan Sumengko ini sampai ke arah dusun Gang-gang Malang.”

Gunawan mengatakan pengerukan dilakukan dengan satu alat berat Excavator. Sebelumnya juga sudah melakukan pengerukan di aliran sungai Desa Nglaban, Kecamatan Loceret.

Ia menceritakan bahwa warga setempat turut membantu mengatur lalu lintas. “Karena jalan agak sempit dan diharuskan ada buka tutup arus,” tuturnya.

Gunawan menambahkan, pengerukan tidak hanya di sungai Sumengko. Dinas PUPR juga terus melakukan mobilisasi ke lokasi lain.

“Yakni di Desa Sendangbumen Kecamatan Berbek, Desa Gejagan Kecamatan Loceret, Desa Sumengko Kecamatan Sukomoro, serta Kelurahan Bogo timur dan barat Kecamatan Nganjuk,” imbuhnya. (Dlg)