HPN ke 75 PWI Bersama Penggiat Lingkungan Gelar Penghijauan di Gunung Klotok

Kediri, Berita TKP – Untuk memperingati HPN ke 75 PWI dan KPH Kediri bersama penggiat lingkungan dan relawan yang tergabung dalam Aliansi Relawan Peduli Lingkungan Hidup (ARPLH) Kediri menggelar penanaman pohon dan revitalisasi serta bagi masker di kawasan Gunung Klotok Kelurahan Pojok Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, Jawa Timur pada Minggu (28/2/2021) pagi.

Banyaknya bencana alam seperti banjir dan longsor yang disebabkan oleh hutan gundul, menjadi perhatian tersendiri bagi PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Cabang Kediri dengan melakukan reboisasi dan revitalisasi mata air Gunung Klotok.

Hadir dalam kegiatan ini di antaranya, Komandan Brigif 16/Wirayudha, Letkol Infanteri Endra Saputra Kusuma Komandan Kodim 0809/Kediri Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno, SE. M.Si, Adm Perhutani, Anton Fadjar Agung Susetyo, S.Hut, M.Si, Walikota Kediri yang diwakili Camat Mojoroto, Kapolres Kediri Kota, AKBP Eko Prasetyo, Kajari Kota Kediri, Ketua PN, Ketua DPRD Kabupaten Kediri, Dodi Purwanto, perwakilan dari Bank Indonesia, Komisaris PT. Gudang Garam Tbk, Slamet Budiono, Pengasuh Ponpes Lirboyo, Gus Yusuf dan Dai kondang, Gus Gendeng.

Dodi Purwanto selaku Ketua DPRD Kabupaten Kediri menyampaikan, terkait peringatan Hari Pers Nasional yang menggelar kegiatan reboisasi dan revitalisasi di kawasan gunung klotok “Kita ketahui bersama beberapa waktu lalu banyak korban banjir dan tanah longsor. Kami mengapresiasi dari relawan peduli lingkungan yang melakukan kegiatan penanaman pohon di kawasan gunung klotok dalam kegiatan Hari Pers tahun ini, ” Semoga kegiatan ini tidak hanya seremonial saja. Ditegaskan Dodi bahwa kegiatan jurnalis akan terus menjalin kerjasama yang baik dengan Pemerintah Daerah dan seluruh stakeholder serta elemen masyarakat.

Kami juga berharap dengan Bupati dan Wakil Bupati yang baru Mas Dhito dan Mbak Dewi akan menerapkan pemerintahan hijau, artinya pemerintahan yang lebih mengedepankan gerakan cinta lingkungan dengan penghijauan”Kita akan terus berharap menjalin sebuah kerjasama dalam memutuskan Kediri yang hijau, bersih dan damai, ” harap Ketua DPRD Kabupaten Kediri.

Sementara itu, Camat Mojoroto Bambang Tri Laksono menyampaikan, dalam peringatan HPN 2021 di Kediri sebagai bakti kepada alam melakukan reboisasi di kawasan gunung klotok sekaligus revitalisasi untuk sumber air di kawasan gunung klotok Kelurahan Pojok Kecamatan Mojoroto.

Kedepan kegiatan ini menjadi embrio buat kami khususnya Pemerintah Kota Kediri melalui Kecamatan Mojoroto untuk terus peduli lingkungan dan menjaga alam bersama relawan peduli lingkungan di wilayah Kota Kediri.

Insya Allah kegiatan ini bisa dilakukan secara periodik di wilayah kita masing-masing dengan gerakan menanam dan merawat bibit pohon yang kita tanam”Saya juga berharap kepada rekan-rekan jurnalis dalam peringatan HPN kali ini, untuk berita semakin berimbang, aktual dan menyajikan pewarta yang Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur, ” ungkap mantan Kabid Manajemen dan Angkutan Dishub Kota Kediri.

Hal yang sama diungkapkan Anton Fadjar Agung Susetyo, S.Hut, M.Si selaku Administratur KKPH Kediri menyampaikan apresiasi kepada PWI Kediri dan relawan yang sangat peduli lingkungan yang berupaya menghijaukan kawasan klotok terutama masuk dalam wilayah Perhutani kami sangat mendukung sekali.

Tentunya tidak hanya berhenti disini, termasuk seluruh wilayah dipandang perlu kordinasi bersama yang baik antara Perhutani dengan komunitas relawan peduli lingkungan dan elemen masyarakat. Karena masalah kerusakan hutan ini tidak hanya menyangkut masalah kejahatan tapi juga menyangkut ekonomi, sosial dan lainnya.

Kita perlu kordinasi yang baik dengan para komunitas untuk terus melakukan penghijauan kembali. Harapan kami kedepan lingkungan yang rusak bisa diperbaiki lagi “Saya mengapresiasi kepada PWI Kediri yang sudah menginisiasi dengan kegiatan ini dan dukungan komunitas dan relawan peduli lingkungan. Hari ini yang ditanam jenis trembesi bisa mengikat tanah dan menyimpan air dan bisa menghindari bahaya longsor, ” ungkapnya.(dlg)