Jakarta, BeritaTKP.Com  -Kereta Rel Listrik (KLR) lintasan Yogjakarta-Solo yang ramah lingkungan di Yogjakarta, diresmikan presiden Joko Widodo, pada Senin 01/03/21.

KRL Yogjakarta-Solo

“Alhamdulillah pagi ini akan segera meresmikan dan operasikan KRL Yogjakarta-Solo yang telah siap,” ungkap presiden Jokowi.

Presiden Jokowi berharap keberadaan KRL Yogjakarta-Solo merupakan alat transportasi massal ramah lingkungan dan lebih cepat dibandingkan kereta Prambanan Ekspres (Prameks).

“Terpaut kira-kira 10 menit lebih cepat, dari sisi biaya jauh lebih murah,” ungkap presiden Jokowi.

Keberadaan KRL Yogjakarta-Solo dapat membantu mobilisasi orang maupun barang dari Yogjakarta ke Solo ataupun sebaliknya, serta meningkatkan pariwisata dan ekonomi.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan KRL lintas Yogjakarta-Solo,” ungkap presiden Jokowi.

Gubernur Yogjakarta Sri Sultan Hamengku V Buwono X berharap KRL Yogjakarta-Solo menjadi yang paling baik, dengan harapan waktu dan pelayanan memuaskan.

“Saya ucapkan terimakasih kepada presiden atas peresmian ini,” ungkap Sri Sultan.

Dengan hadirnya moda transportasi dengan rute tersebut akan meningkatkan aksesibilitas dan kemudahan bertransportasi serta memberikan nilai tambah ekonomi bagi warga sekitar khususnya di wilayah Yogyakarta, Klaten, Solo.

Menhub mengatakan saat mencoba langsung naik KRL Yogjakarta-Solo dari Solo kereta sangat stabil, menurutnya hampir tidak ada goncangan saat naik KRL Yogjakarta-Solo.

“Saya senang sekali jumlah penumpang juga naik saya apresiasi yang dilakukan KAI dan Dirijen KAI,” ujarnya.

Menhub juga berharap jika nantinya KRL Yogjakarta-Solo ini dapat memenuhi jarak yang lebih jauh lagi tidak hanya di daerah Yogjakarta-Solo, yakni ke arah barat hingga Kutoarjo dan ke arah timur hingga Madiun.

“Bisa dibayangkan orang Madiun bisa berangkat kerja dengan KRL ini,” Ungkapnya.  SH/Red