Bupati Kediri Hanindhito Himawan Permana Tinjau Jalan Rusak Di Watugede Puncu

KEDIRI, BeritaTKP – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Permana akrab disapa Mas Dhito Senen (1/3/2021) sore melakukan sidak melihat langsung kondisi jalan yang rusak parah sepanjang 1, 7 kilometer di wilayah Desa Watugede Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Senen (1/3/2021) sore.

Dengan didampingi Irwan Candra selaku Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kediri mas Dhito berdialog serius membicarkan kondisi jalan yang rusak parah, masyarakat menyebutnya dengan sebutan ‘jeglongan sewu’ atau seribu lubang.”Laporan yang saya dapat, pengerjaan telah 9 kilometer lebih sekian, kemudian terhambat adanya Covid. Dana yang ada kemudian dialokasikan untuk penangganan Covid. Namun saya minta kepada Kepala Dinas PUPR untuk segera diakselerasi karena walaupun tinggal 1,7 kilometer, tidak ada alasan untuk tidak diperbaiki. Percuma jalan yang panjangnya 10 kilometer atau 50 kilometer, tapi jika ada 1 kilomter yang rusak. Jadi tidak ada artinya jalan yang sebelumnya sudah diperbaiki,” ungkapnya.

Mas Dhito menyayangkan, walaupun hanya tinggal 1, 7 kilometer, tidak ada alasan untuk tidak di perbaiki, percuma jalan yang panjangnya 10 kilometer atau 20 kilometer bahkan 50 kilometer, tapi ada 1, 7 kilometer yang rusak, jadi nggak ada artinya diperbaiki.

Kondisi jalan yang rusak parah menyebabkan banyak masyarakat menjadi korban kecelakaan. Sehingga dirinya mengambil langkah cepat untuk untuk melakukan perbaikan jalan tersebut “Saya ingin segera dilakukan proses perbaikan jalan tersebut, kalau bisa bulan April sudah proses pelaksanaan. Dan, paling tidak bulan Juli atau Agustus jalan sudah selesai dikerjakan, sehingga yang namanya jeglongan sewu sudah tidak ada lagi. penyebab rusaknya jalan, dikarenakan truk pasir dengan beban yang berat yang melintas membuat jalan retak dan berlubang “Apalagi, truk muatan pasir ditambah pada musim hujan akan semakin berat, dan truk dalam kondisi jalan air menetes di jalan akan semakin mempercepat rusaknya jalan, ” tegas Mas Dhito.

Irwansyah selaku Plt. Kepala Dinas PUPR menyatakan siap menjalankan perintah Bupati. “Segera kami realisasi proses pengadaannya, mulai bulan April sudah bisa pelaksanaan di lapangan sesuai perintah beliau. Namun yang jelas kami proses secepatnya dan kami PUPR, siap bekerja selama 24 jam.” (mur/dlg)