Perbincangan hendy Siwanto dan Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi

Jember , BeritaTKP.Com –Kerapian dokumen Pemerintah Kabupaten Jember disoroti Bupati Hendy Siswanto. Ia menginginkan adanya digitalisasi dokumen tersebut agar tak musnah.

Demikian hasil inspeksi Hendy saat hari pertama kerja sebagai bupati, Senin (1/3/2021).

“Ruangan Bagian Hukum terlalu sempit. Padahal dokumen ini kan penting sekali. Kita ngomong 15 tahun kemudian ada persoalan, kan harus cari file,” Ujar Hendy, usai bertemu dengan pimpinan DPRD Jember.

“File harus betul-betul terdata. Ada aplikasi untuk file. Setiap ada surat masuk, harus di-scan dulu, dimasukkan dalam sistem aplikasi. Setelah itu disposisi, dikasihkan pimpinan. Disposisi pimpinan keluar, di-scan lagi, masuk ke situ. Kalau file itu hilang, aplikasi kita aman. Ini bank data,” Ujar Hendy.

Hendy menjelaskan, Pemkab Jember ternyata memiliki server komputer yang bisa memuat data seluruh kabupaten untuk 10-15 tahun ke depan. “Cuma belum dimaksimalkan di ULP (Unit Layanan Pengadaan). Katanya Pak Sekda itu pengadaan hampir Rp 8 miliar,” Ujarnya. Nantinya Pemkab Jember akan mengembangkan penggunaan server tersebut. SD/Red