Malang, BeritaTKP.Com  -Rencana akan dibangun Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTS) di Kabupaten Malang, kecamatan Singosari hingga kini masih menjadi wacana dan pembicaraan.

Sampah di TPA Talangangung, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.

“ Kabupaten Malang  akan terus mendorong. Kita siapkan lahannya di Randuagung, Singosari,” ungkap Bupati Malang. Sanusi menyatakan akan terus mengawal realisasi pembangunan PLTS pertama di Kabupaten Malang  tersebut. program pembangunan PLTS dicanangkan oleh pemerintah pusat. Sanusi menyatakan dirinya memasrahkan hal tersebut kepada pemerintah pusat.

“Kami dorong terus karena itu merupakan program dari pusat. Tergantung pusat,” ujar pemenang Pilkada Malang 2020 itu.

Sementara itu, Sanusi menegaskan jika permasalahan sampah di Kabupaten Malang belum parah.

“Sementara ini belum jadi masalah. Karena memang dari dinas lingkungan hidup yang menangani persampahan sudah mumpuni untuk dimanfaatkan lebih baik,” ungkap pria yang mengawali karir politik sebagai anggota DPRD Kini.

Untuk  mengkampanyekan pola hidup sehat bebas sampah, Sanusi mengandalkan golongan pemuda alias milenial.

“Milenial bisa mengajak masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. Kalau dibuang sembarangan sampah ini bisa jadi bencana,” pungkas Sanusi.

 Sanusi turut memuji peran pemuda sebagai pemerhatikan lingkungan di Kabupaten Malang.

“Mari menggugah masyarakat terkait penanganan sampah agar bisa dimanfaatkan, agar membawa nilai yang bermanfaat,” ujar Sanusi. SH/Red