Gresik, BeritaTKP.Com  – Menjelang Bulan Ramadan 1.200 ulama dan takmir masjid di Kabupaten Gresik divaksinasi.Hal tersebut dilakukan untuk memberikan kekebalan dari serangan virus Covid-19, serta memberi kenyamanan terhadap jamaah yang melakukan salat tarawih.

Potret penyuntikan vaksin

Salah satu takmir Masjid Thoriqul Huda Kecamatan Cerme, Gresik, Tjayadi ,40, menuturkan, dirinya bersyukur mendapat vaksinasi agar terhindar dari Covid-19.

“Saya merasa terpanggil dan tidak ada kekuatiran mendapat giliran divaksin,” Pungkasnya, Sabtu (7/03/2021).

Hal senada juga dikatakan Ustad Choliq (48) salah pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gresik. Menurutnya, ulama dan takmir masjid juga bagian dari garda terdepan sewaktu memberikan tausyiah dihadapan jamaah.

“Mudah-mudahan dengan vaksinasi terhadap ulama dan takmir masjid. Kita bisa lebih tenang menjalankan ibadah di Bulan Ramadan,” pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Gresik, drg Syaifuddin Ghozali menyatakan saat ini ada 1.200 ulama serta takmir masjid secara serentak divaksinasi.

“Tahap awal kami melakukan vaksinasi terhadap ulama dan takmir masjid di lima kecamatan, di antaranya Gresik, Kebomas, Cerme, Manyar, dan Kecamatan Duduksampeyan,” pungkasnya.

Wabup Gresik Hj. Aminatun Habibah (Bu Min) menambahkan, vaksinasi secara serentak ini dalam rangka menghadapi bulan Ramadan. Pasalnya, takmir masjid masuk kategori garda depan.

“Setelah divaksin tidak ada keraguan lagi saat menjalankan ibadah di masjid. Kendati demikian saya tetap mengimbau tetap mengkedepankan protokol kesehatan,” Pungkasnya.

Selain memberikan vaksinasi terhadap ulama, dan takmir masjid, sebanyak 1.000 vaksinator yang bertugas di lapangan serta 200 petugas Pos Pelayanan Kesehatan (Posyankes) mendapat apresiasi berupa pemberian sertifikat dari Wabup Gresik. SD/Red