Magetan, BeritaTKP.Com – Warga Dusun Sampung, Desa Sidorejo, Kecamatan Sidorejo Kabupaten Magetan digegerkan dengan penemuan granat di pekarangan rumah. Granat yang diperkirakan berjenis nanas itu diduga masih aktif.

Penemuan sebuah granat di halaman rumah warga Dusun Sampung, Senin (8/3/2021)

Penemu granat nanas, Sakat ,32, menjelaskan bahwa penemuan itu berawal saat ia berniat membersihkan pekarangan rumahnya. Namun saat membersihkan pekarangan tersebut ia menemukan benda menyerupai granat yang terkubur dalam tumpukan batu.

“Waktu bersih-bersih meratakan tanah, itu ada batu seperti ditata gitu, saya angkat batunya yang paling atas terus ketemu benda mirip granat lengkap dengan pemicunya,” ujar Sakat

Benda mirip granat itu memiliki berat sekitar setengah kilogram dengan diameter sekitar 15 sentimeter lengkap dengan pemicu, serta kode sandi yang masih bisa dibaca dengan jelas.

Setelah mengetahui barang tersebut merupakan bom, Sakat kemudian membungkusnya dengan karung yang dibasahi air. “Karena takut tadi saya bungkus karung mas dan saya basahi terus mas, kalau kering takutnya meledak, untung ditemukannya waktu hujan,” jelasnya.

Ia pun langsung menghubungi pihak kepolisian. Saat ini, masih menunggu tim jinak bom Brimob Madiun untuk melakukan evakuasi benda tersebut.  /Npr/Red