Densus 88 Anti Teror Polri Amankan Terduga Teroris Gondang Nganjuk

Nganjuk, BeritaTKP – LA (25), pemuda yang tinggal di Dusun Kentingan, Desa Puhkerep, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Ngajuk pada hari Selasa 30/03/2021 pukul 12.55 WIB diamankan oleh Densus 88 Anti Teror Polri diduga sebagai teroris.

Tim Densus 88 dengan dibantu jajaran polres Nganjuk melakukan penggeledahan di rumah LA di Dusun Kentingan dan rumah orangtuanya di Desa Gondangkulon, Kecamatan Gondang, Nganjuk.

Menurut Kepala Desa Gondangkulon Sugiarto ketika dikonfirmasi media ini membenarkan penggeledahan tersebut “Yang bersangkutan sudah tertangkap… Kalau tadi (Tim Densus 88) hanya mencari barang bukti (di rumah orangtua LA) Tim Densus 88 mengamankan sebuah pedang dari kediaman orangtua LA di Desa Gondangkulon “Kalau pedangnya itu tadi sudah dibawa sama polisi.”

Sebelum ditangkap Tim Densus 88 terduga teroris LA sudah pernah berulah, LA kedapatan memasang bendera ISIS di rumah orangtuanya di Desa Gondangkulon “Dulu memang sudah pernah dipantau dari Kodim, oleh intel Kodim dengan kaitanya dulu pemasangan bendera-bendera di rumahnya, dulu ISIS waktu itu,” Setelahnya, LA mendapatkan pembinaan dari instansi terkait. Pascapembinaan, Sugiarto mengira LA tak lagi mengikuti paham-paham radikal.

Saat dikonfirmasi media, Kapolres Nganjuk AKBP Harviadhi Agung Pratama membenarkan penangkapan itu “Jadi benar pada hari Selasa 30/03/2021 sekitar pukul 12.55 WIB teman-teman dari Densus 88 telah mengamankan satu orang terduga (teroris) di Dusun Kentingan, kami dari Polres Nganjuk sebatas membantu melakukan pengamanan pada saat teman-teman Densus tadi mengamankan yang bersangkutan, kami membantu melakukan pengamanan di bagian luar, tadi selesai kurang lebih pukul 16.30 WIB, (LA) langsung dibawa oleh teman-teman dari Densus untuk dilakukan pendalaman, untuk rilis detailnya nanti dari Polda atau dari Mabes,” sambung Harvi.

Terkait penangkapan terduga teroris ini kepada masyarakat, Kapolres menghimbau untuk tetap tenang dan meminta masyarakat untuk berperan aktif melaporkan apabila ada hal-hal yang mencurigakan di sekitarnya.

“Sekecil apapun informasi-informasi apabila ada warga masyarakat di sekitarnya, di kampungnya, di dusunnya, di desanya yang memang terlihat aktivitasnya mencurigakan, ada rekan-rekan Bhabinkamtibmas, rekan-rekan Babinsa yang 24 jam selalu melekat di masing-masing desa. Tolong kami diberikan informasi, sehingga wilayah Kabupaten Nganjuk bisa tetap kondusif.” terangnya (mur/dlg)