Bangkalan, BeritaTKP.Com – Sebanyak 16 pelaku aksi kejahatan berhasil diamankan, lantaran maraknya kasus premanisme menjelang pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bangkalan bermunculan.

Potret sejumlah preman dan barang bukti yang berhasil diamankan.

Kapolres Bangkalan, AKBP Didik Hariyanto menjelaskan, tersangka yang diamankan dari berbagai kasus mayoritas didominasi oleh kepemilikan senjata tajam ilegal dan juga pencurian kendaraan bermotor.

“Termasuk tersangka curas berhasil kami amankan, selain itu juga ada kasus penyalahgunaan narkoba dan juga miras,” jelasnya, Selasa (6/4/2021).

Dia juga menegaskan, penyitaan senjata ilegal tersebut perlu dilakukan sebab menjelang Pilkades potensi timbulnya konflik cukup tinggi. Sehingga, untuk menghindari adanya kontak fisik, operasi pekat perlu dilakukan.

“Tujuan utamanya agar kondusifitas di masyarakat tetap terjaga apalagi saat Pilkades rawan konflik, hal itu perlu dilakukan antisipasi,” tuturnya.

Diketahui, sebanyak 24 pelaku terjaring dalam operasi tersebut. Seluruhnya digelandang ke Mapolres Bangkalan untuk diproses secara hukum. SD/Red