Malang, BeritaTKP.Com – Usai peristiwa gempa magnitude di Malang, warga dihebohkan dengan kemunculan sinar warna warni. Cahaya itu dipastikan oleh BMKG tak ada kaitannya dengan gempa yang kemarin terjadi.

Sinar warna yang muncul di langit Kota Malang.

Kepala Stasiun Geofisika Malang, Ma’muru menyatakan, tidak ada hubungan antara gempa dengan sinar aneh di langit Malang. Gempa itu aktivitas di dalam Bumi yang disebabkan pergeseran lempeng Bumi. Sedangkan sinar itu terbentuk karena faktor cahaya matahari dengan awan.

Laporan hujan deras di wilayah Kecamatan Selorejo, kabupaten Blitar yang berbatasan dengan Karangkates Kabupaten Malang. Awan tebal masih terbentuk di daerah ini, sehingga sebagian sinar matahari mulai bergeser ke arah barat.

“Jadi secara ilmiah, tidak ada hubungannya antara sinar aneh itu dengan gempa,” ujarnya.

“Sinar itu tampaknya dari cahaya matahari yang tertutup awan tebal sehingga ada celah untuk pembiasan cahaya ,” ujarnya.

Karena posisinya yang jauh, belum tentu semua daerah melihat cahaya aneh itu. Bisa jadi di daerah lain cahaya tersebut terlihat seperti pelangi sedangkan di daerah lainnya terlihat seperti cahaya yang aneh. AR/Red