Jember, BeritaTKP.Cpm –Hendy Siswanto Bupati Kabupaten Jember, ingin jumlah relawan kebencanaan diwilayah Kabupaten Jember, Jawa Timur, ditambah. Ini bagian dari upaya mengantisipasi bencana.

“Saya sudah berkeliling ke lokasi bencana kemarin, dan ngomong ke teman-teman BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) agar menambah kekuatan relawan, terutama di 13 kecamatan yang rawan bencana,” ucap Hendy, di gedung DPRD Jember, Selasa 14/4/2021 malam.

Bencana banjir di Jember beberapa waktu lalu

Hendy ingin minimal ada seratus orang relawan dalam satu kecamatan. Penanganan bencana sudah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Jember 2021. “Nanti, dalam Perubahan APBD akan kami tambah. Kami geser beberapa (pos mata anggaran) untuk itu,” ujarnya.

Hendy menegaskan, kondisi kebencanaan tidak bisa dibuat main-main. “Kita harus waspada betul untuk pencegahan,” tegasnya.

Menurut Hendy, Pemkab Jember belum punya alat ukur debit untuk banjir. “Kalau ada alat ukur debit banjir, kami bisa memproteksi agar (penduduk) yang (tinggal) di bawah (dekat aliran sungai) untuk minggir,” ungkapnya.

“Bencana ini yang menentukan Gusti Allah. Tapi kita wajib ikhtiar. Nyawa nomor satu harus kita selamatkan,” pungkas Hendy. SH/Red