Jalan Rusak Berat Instansi Terkait Tutup Mata Oleh Warga Ditanami Pohon Pisang

Jalan Rusak Berat Instansi Terkait Tutup Mata Oleh Warga Ditanami Pohon Pisang
Jalan Rusak Berat Instansi Terkait Tutup Mata Oleh Warga Ditanami Pohon Pisang

Nganjuk, Berita TKP – Warga Desa Talang, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk ramai-ramai menanami Jalan Raya Talang Rejoso dengan pohon pisang kesal. Lantaran jalan tersebut sudah dua bulan ini rusak parah, berlubang di sana-sini. Namun oleh Instansi terkait tak kunjung diperbaiki.

jalan sepanjang kurang lebih 200 meter berlubang lubang sangat membahayakan pengguna jalan dan oleh warga ditandai dengan menanam pohon pisang pada Selasa (20/4/2021) mulai sekitar pukul 20.50 hingga 21.20 WIB.

Kepala Desa Talang, Suparlan ketika dikonfirmasi media ini menjelaskan bahwa inibwujud protes warga, dari masyarakat, pihak desa sebenarnya telah berupaya mencegah warga agar tak melakukan aksi penanaman pohon pisang di jalan berlubang namun usaha itu sia-sia.“Kemarin sebetulnya (keinginan warga) kita bendung juga. Tetapi kenyataan pancet (tetap), ditindaklanjuti penanaman pohon, biar nanti jalan ini biar cepat subur katanya,” pihaknya sudah beberapa kali mencoba mengkomunikasikan permasalahan ini dengan Pemkab Nganjuk tapi usaha itu belum berhasil.

Adapun Suparlan menduga ruskannya Jalan Raya Talang Rejoso karena jalan itu kerap dilalui kendaraan pengangkut material proyek Bendungan Semantok, Nganjuk“Yang sangat mendominasi jalan ini (kendaraan) pembangunan Semantok, yang memang kelas jalannya nggak memadai. Jadi mungkin tronton muatan beton yang besar-besar itu, mungkin dengan adanya reaksi ini (penanaman pohon pisang di tengah jalan), mungkin dari pemerintah daerah bisa mengakomodir permasalahan ini,” paparnya.

Menurut Salah satu warga Desa Talang yang tidak mau disebutkan namanya menyebut belakangan ini kerap terjadi kecelakaan di Jalan Raya Talang Rejoso. Rerata pengendara tak tahu bila ada lubang di tengah jalan.“Iya, sini sering terjadi kecelakaan setiap hari, dari pagi sampai siang, sore, malam, sering terjadi di sini kecelakaan,” belum lama ini ada warga Nganjuk yang tinggal di Tuban mudik ke kampung halaman namun di Jalan Raya Talang Rejoso yang bersangkutan mengalami kecelakaan.“Kemarin juga ada dari warga dari Nganjuk yang tinggal di Tuban, sudah tiga bulan nggak kesini, lewat jalan sini akhirnya jatuh di sini, kasihan juga, kasihan jauh-jauh. Sudah lama tiga bulan nggak lewat sini. Kan jalan ini rusak sekitar sudah dua bulan, akhirnya malam-malam lewat sini terjadi kecelakaan,” lanjutnya.

Agar kejadian serupa tak terulang, Muryoto berharap jalan yang berlubang lekas diperbaiki. “Semoga pemerintah kabupaten tahu tentang ini, biar cepat diselesaikan, kasihan banyak terjadi kecelakaan di sini. Apalagi kalau hujan, sudah nggak kelihatan ini, air sudah penuh.”

Warga desa Talang Rejoso sangat mengharapkan perhatian khusus pemkab terutama instansi yang terkait agar jalan yang rusak ini segera tertangani untuk menghindari korban kecelakaan lagi. (Dlg)