Probolinggo, BeritaTKP.Com – Jalur menuju wisata Bromo di Probolinggo, Jawa Timur yang rusak akibat longsor belum juga diperbaiki. Bahkan salah satu titik jalur yang rusak memakan separuh badan jalan. Kerusakan itu terjadi sejak awal Maret 2021.

Kondisi jalan ambles menuju wisata bromo di Probolinggo, Jawa Timur

Kerusakan disebabkan oleh curah hujan yang cukup deras. Hal itu menyebabkan struktur tanah di tebing penyangga jalan ambles alias longsor. Persisnya di jurang perahu, Desa Wonokerto, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur.

Sejumlah pengendara pun harus bergantian untuk lewat, lantaran kerusakan jalan yang memakan hampir setengah dari badan jalan. Kondisi tersebut tentunya sangat membahayakan.

“Sudah diberi tanda pengaman dari karung dan tanah. Tapi kalau malam ya tetap bahaya, kan gelap,” ujar Kevin, salah satu warga setempat.

Kondisi tersebut akhirnya memaksa sejumlah warga setempat melakukan pengawasan dan pengaturan lalu lintas. “Karena mereka itu kan tidak hafal jalan. Kondisinya juga gelap. Kalau sedang ramai tamu, ada yang menjaga di sana,” imbuhnya.

Sementara, Kabid Binamarga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Probolinggo, Asrul Bustami mengatakan, pihaknya sudah melakukan peninjauan ke lokasi. “Insyaallah segera kami perbaiki, mohon doanya,” ujar Asrul.

Asrul mengatakan perbaikan longsor di jalur menuju wisata Bromo itu berasal dari APBD Kabupaten Probolinggo. Masuk dalam program PRIM 2021. Warga maupun yang melintas di jalur tersebut, dihimbau untuk berhati-hati dan waspada. Mengingat jalur pegunungan rawan longsor. /Npr/Red