Surabaya, BeritaTKP.Com – Merayakan hari jadi Pasar Nol Kilometer (PNK) digelar istimewa di Wisma Penjaringansari (WPS), Surabaya, Minggu 2/5/2021 sore.

Pupuk cair penjaringan, salah satu produk yang dipamerkan dipasar Kilometer Nol

Pasar yang digagas para pengurus RT 5 RW IV ini digelar dengan tambahan kontes foto, bagi-bagi paket sembako hasil donasi, hingga potong tumpeng dan pameran produk khas warga WPS.

“Satu tahun perjalanan ini menjadi tanda kalau para pengelola berhasil menjalankan kegiatan sosial secara istiqomah,” ucap H. Muhammad Sudjak, tokoh masyarakat yang juga tercatat sebagai Ketua Badan Pengelola Masjid Nasional Al Akbar Surabaya.

Di tengah pandemi saat ini, mereka yang terlibat di PNK secara konsisten terus menggelar bazar sembako murah dan pameran produk UMKM. “Dan semangatnya sama, tidak mencari untung, bahkan siap merugi,” ungkapnya sambil tersenyum.

Jika semangat ini terus terjaga, bukan tidak mungkin PNK jadi inspirator kelompok masyarakat lain agar mampu mengembangkan tradisi berbagi.

Menanggapi pernyataan ini, Sonny Adinawan, Ketua PNK, mengaku bangga dan makin bersemangat menggelar PNK di masa mendatang. “PNK kembali hadir minggu depan, dan insya Allah sesudah lebaran,” kata Wawan, panggilan akrabnya. Sesuai komitmen awal, PNK tetap menjadi pendukung ketahanan pangan sekaligus penggerak pemberdayaan ekonomi warga.

“Dalam gelaran PNK ini, kami juga ingin memperkenalkan produk UMKM warga. Mulai dari Pupuk Cair ‘Penjaringan6’, minuman bunga telang, susu kedelai siap saji, juga makanan dan minuman yang lain,” paparnya.

Pupuk Cair Penjaringan6 adalah produk andalan warga RT 6 yang dibuat secara swadaya dan ramah lingkungan. “Ini upaya kami untuk memperkuat penghijauan di wilayah Wisma Penjaringansari dan sekitarnya,” kata Wawan.

Selain memperkenalkan pupuk cair, dalam kesempatan yang sama, PNK didukung pengurus Kampung Telang Surabaya juga membagikan bibit bunga telang. SH/Red