Surabaya, BeritaTKP.Com – Antrian untuk pengajuan SIM di beberapa titik SIM Corner Satlantas Polrestbes Surabaya, Rabu 5/5/2021 melonjak tajam. Terlihat antrian di ruang tes kesehatan dan psikotes mengular hingga puluhan bahkan seratus orang lebih. Kasat Lantas Polrestabes Surabaya, AKBP Teddy Candra menyebutkan terjadi lonjakan pengajuan perpanjangan SIM jika dilihat data harian.

Kondisi antrian ruang tes kesehatan dan psikotes

Menurutnya, para pengaju tidak semua mau mudik. Namun diperkirakan karena usai menerima Tunjangan Hari Raya (THR) menjadi penyebab lonjakan pengurusan SIM. “Angka lonjakan harian mungkin naik dan juga bisa turun. Lonjakan pengajuan karena masyarakat banyak libur jadi belanja sekalian ngurus SIM-nya,” papar Teddy.

Meski mengular dan banyak pengajuan perpanjangan SIM. Menurut data bulanan Satlantas, tergolong data saat pandemi ini turun 40 persen di bandingkan pada hari normal sebelum pandemi. Ia mencontohkan, jika sebelum pandemi di Kota Surabaya pengajuan tiap bulannya mencapai 1000 orang, maka saat pandemi seperti ini turun menjadi 600 orang saja. “Tapi jika dibandingkan sebelum pandemi angka pengajuan SIM perpanjangan dan baru masih turun 40 persen,” lanjutnya.

Pengurusan legalitas pengemudi di SIM Corner Praxis jauh lebih lengang dibanding SIM Corner Tunjungan Plazza 1. Bahkan perbandingannya mencapai 1:10. Artinya jika di Praxis ada 10 orang, maka di TP mencapai 100 orang.

Alhasil antrian di Tunjungan Plazza 1 pun mengular di titik tes kesehatan maupun pengurusan SIM. Briptu Angga, petugas pelayanan SIM Corner Praxis menjelaskan, terjadi kenaikan hingga 20 persen untuk perpanjangan SIM di kantornya.”Ada kenaikan jika biasanya hanya 80 sampai 100 pengajuan. Beberapa hari ini pengajuan perpanjangan SIM sampai 120 lebih bahkan 140 pengajuan,” pungkasnya.

Sementara itu Rista ,25, warga Manukan yang mrngajukan perpanjangan SIM mengaku bahwa SIM Corner Praxis lebih lengang. Ia sudah mendatang tiga titik SIM Corner dan ia memilih Praxis karena jauh lebih sepi. “Sebelumnya saya sudah ke Golden City Mall, TP ramai dan lari ke Praxis lebih cepat. Paling 1 jam kelar ini,” ungkapya. SH/Red