Surabaya, BeritaTKP.Com –Makam Sunan Ampel Surabaya dibanjiri ratusan bahkan ribuan warga di Surabaya pada Jumat 7/5/2021. Umat muslim yang berkunjung ini membanjiri Sunan Ampel lantaran ingin berdoa khusus di malam 10 hari terakhir Ramadan atau Lailatul Qadar.

Makan Sunan Ampel dibanjiri peziarah

Kapolsek Semampir, Kompol Aryanto Agus menjelaskan, puncak warga membanjiri makam Sunan Ampel diprediksi Sabtu 8/5/2021 malam hingga dini hari. Oleh sebab itu, petugas tiga pilar menjaga ketat dua pintu masuk dan pintu keluar.

“Tujuannya untuk menertibkan agar tidak ada kerumunan pertemuan peziarah keluar dan masuk. Pemisahan juga dilakukan imbauan dan pemberikan masker,” jelasnya.

Meski menjaga ketat, pihak kepolisian tidak membatasi jumlah pengunjung. Hal ini dikarenakan jumlah pengunjung sebelum corona jauh lebih banyak ketimbang saat pandemi corona. Oleh sebab itu, petugas tiga pilar membuat strategi yan bertujuan memisah kerumunan saja.

“Kunjungan sebelum pandemi jauh lebih banyak. Sekarang berkurang lebih dari 50 persen pada hari biasa sebelum pandemi. Pemecahan jalan masuk dan keluar dinilai positif dan efektif memecah krumunan,”pungkasnya.

Tak hanya itu, petugas juga menyediakan masker 5.000 lebih saat Bulan Ramadan. Bahkan saat Sholat Ied nanti, petugas menyedikan minimal 1.500 masker. “Harapan kita prokes dan 5 M bisa diterapkan dan semua peziarah aman dari penyebaran virus,” paparnya. SH/Red