Viral, Satu Keluarga Nekat Mudik Naik Becak Via TOL

becak-masuk-tol-dupak-surabaya
becak-masuk-tol-dupak-surabaya

Surabaya, Berita TKP – Sebuah video memperlihatkan pengendara becak melintas di jalan tol viral di media sosial. Ternyata kejadian tersebut terjadi di Surabaya, tepatnya di ruas Tol Dupak, Surabaya.

Dalam video berdurasi kurang dari satu menit itu terlihat si tukang becak berjalan mengayuh becaknya. Di depannya, ada dua penumpang duduk dengan santai.

Ia terlihat mengayuh menuju pintu masuk tol. Sampai di palang pintu tol, penjaga langsung mengarahkan becak tersebut menepi.

Pengelola tol ruas Surabaya – Gresik, PT Margabumi Matraraya (MBMR) memberikan penjelasan. Humas PT MBMR, Andjar Hari Sutoto menerangkanm bahwa peristiwa itu terjadi pada Jumat (14/5/2021), sekitar pukul 11.00 WIB.

Bertepatan dengan hari kedua Idul Fitri. Becak tersebut masuk dari ujung masuk jalur Tol Dupak tanpa palang dan keluar di gerbang Tol Tandes Timur I (KM 2+900).

“Kata pengendara, dari Krembangan menuju ke arah Jalan Margomulyo. Dia mau silaturrahmi ke saudaranya,” kata Andjar.

Baik sopir maupun penumpangnya merupakan satu keluarga.

“Mereka unjung-unjung (silaturrahim Lebaran),” kata Andjar.

Ia menuturkan, becak tersebut lolos masuk tol karena memang di jalur masuk Tol Dupak terbuka. Selain itu juga tidak ada petugas karenanya tanpa pengawasan.

Jarak antara titik becak masuk di Tol sampai pintu Tol Tandes Timur I sekira dua kilometer. Andjar mengatakan, setelah dihentikan, pengendara dimintai keterangan.

Kemudian, pihaknya melepas si tukang becak itu berikut penumpangnya karena pihaknya tidak punya kewenangan untuk melakukan penindakan. Petugas hanya menegur dan memberikan penjelasan bahwa becak dilarang masuk Tol.

“Kami lepas karena tidak punya kewenangan menindak,” tandas Andjar,” tandasnya.

Ia melanjutkan, kejadian serupa bukan kejadian pertama.

“Sebenarnya di tempat kami beberapa kali terjadi walaupun tidak sering, tapi sepeda motor dan sepeda pancal. Cuma ini viral karena becak,” katanya.

“Itu orang-orang nekat. Jadi, mereka memang sengaja,” imbuh Andjar.

Sebelumnya, juga ada pengendara motor masuk di jalur Tol yang sama.

“Ternyata, pengendara tersebut adalah pelaku tindak pidana,” katanya.

Untuk kasus yang seperti itu, petugas tol langsung menyerahkan kepada pihak kepolisian.

“Yang menindak kepolisian,” tandasnya. (SHU)

Download Apps BeritaTKP di Hp Anda