Gresik, BeritaTKP.Com – Toko modern mulai pajang produk UMKM Gresik di salah satu etalase. Total ada enam produk UMKM asli Gresik yang bisa dibeli di sejumlah toko modern.

Beberapa produk UMKM masuk toko modern.

Penempatan produk UMKM Gresik merupakan tindak lanjut Memorandum of Understanding Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani bersama salah satu toko modern, Indomaret beberapa bulan lalu. Hal ini merupakan realisasi program Gema Karya atau Gresik Mandiri dan Berkarya dalam Nawa Karsa Gresik Baru.

Di dalam program Gema Karya terdapat 3B (Bela, Beli, Bagi) sebagai bentuk keberpihakan produk asli Gresik dengan penguatan manajemen serta memperkuat branding UMKM, UKM dan IKM Gresik.

Enam produk UMKm yang masuk toko modern adalah Sambal Serai (Sri Gading), Sambal Klotok (Liek-Like), Kopi Bubuk (Bubuk Ranto), Abon (Bandeng Mentari), Roti Kering (Car dan Biil) dan usus (pa kali).

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perindag Kabupaten Gresik, Agus Budiono mengatakan memang baru enam produk UMKM.

“Memang hanya enam produk UMKM makanan minuman meliputi sambel, abon, coffe dan camilan usus ayam,” ujarnya, Minggu (16/5/2021).

Total ada 31 produk yang memiliki persyaratan tetapi saat screen evaluasi Indomaret hanya enam yang lolos. Hal ini merupakan kebijakan perusahaan yang memiliki aturan syarat-syarat yang ketat.

“Karena sudah menjadi branding di pasar. Produk UMKM bisa didapatkan indomaret yang dekat dengan lokasi para pelaku produk UMKM jadi belum seluruh indomaret se-Kabupaten Gresik,” pungkasnya. AR/Red